Gebrakan Korea Selatan! Tunjuk Juergen Klinsmann Jadi Pelatih dengan Durasi Kontrak 3,5 Tahun
Pelatih baru timnas Korea Selatan, Jurgen Klinsmann. (Foto: Twitter/@theKFA)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Korea Selatan resmi menunjuk legenda Jerman, Jurgen Klinsmann, sebagai pelatih. Kabar ini dibagikan langsung Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) pada Senin, 27 Februari.

"Asosiasi Sepak Bola Korea resmi menunjuk pelatih asal Jerman, Jurgen Klinsmann sebagai pelatih baru tim nasional," tulis pernyataan resmi KFA.

Pelatih 58 tahun setuju dengan kontrak berdurasi tiga tahun enam bulan. Artinya, dia akan menangani Taeguk Warriors hingga putaran final Piala Dunia 2026.

Namun dalam pernyataan resmi KFA tidak disebutkan nilai kontrak dan besaran gaji Klinsmann selama menangani Son Heung-min dan kawan-kawan.

Klinsmann mengaku sangat terhormat dengan kesempatan ini. Apalagi ia tahu dan menyadari bagaimana peningkatan signifikan yang terjadi di timnas Korea Selatan.

"Saya sangat senang dan terhormat untuk mengikuti jejak para pelatih besar yang sudah menangani tim nasional Korea," ungkap Klinsmann dikutip BBC, Senin 27 Februari.

"Saya tahu tim nasional Korea sudah meningkat dan mencapai hasil-hasil untuk waktu yang panjang. Saya akan melakukan yang terbaik demi meraih hasil-hasil sukses, di Piala Asia dan Piala Dunia 2026," imbuhnya.

Sebelumnya diketahui, posisi pelatih timnas Korea Selatan sempat kosong setelah Paulo Bento mundur seusai Piala Dunia 2022 lalu. Bento kala itu membawa Taeguk Warriors mencapai babak 16 besar.

Klinsmann sendiri sempat menempati kursi pelatih timnas Jerman dan membawa negaranya itu finis ketiga di Piala Dunia 2006 sebagai tuan rumah. Ia kemudian melatih Amerika Serikat dan membawa mereka ke fase gugur Piala Dunia 2014 di Brasil.