Menghitung Hari Menuju Pesta Musik Keras Kebanggaan Kota Gudeg, JogjaROCKarta
Jogjarockarta (Instagram @jogjarockartafestival)

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan pesta musik rock dan metal JogjaROCKarta tinggal menghitung hari, tidak sampai sebulan lagi. Rajawali Indonesia Communication selaku penyelenggara terus melakukan pematangan dalam persiapan. Barisan line-up juga terus dilengkapi.

Digelar 24-25 September di Tebing Breksi Yogyakarta. Gelaran kelima JogjaROCKarta ini mengusung tema "History Continues". Sedikit berbeda dari empat edisi sebelumnya, pada tahun ini, untuk kali pertama event ini menghadirkan side stage yang akan menampilkan 30 nama baru.

"Regenerasi band rock di Indonesia juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Oleh karena ini, hadirnya side stage, kami rasa menjadi penting bagi kelangsungan regenerasi band rock untuk menambah jam terbang mereka," kata Ahmad Sobirin, Project Manager Jogjarockarta Festival #5 2022 dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Mengenai tema "History Continues" yang diusung, Founder Rajawali Indonesia Communication sekaligus CEO JogjaROCKarta Festival, Anas Syahrul Alimi menyatakan, dalam perjalanannya, JogjaROCKarta banyak melalui dinamika regulasi penyelenggaraan festival musik di Indonesia.

"Melalui tema 'History Continues' kami ingin menyampaikan perjalanan ini harus tetap dilanjutkan, dengan semangat, dan experience baru," kata Anas. Maklum saja, festival kebanggaan Kota Gudeg ini absen selama dua tahun akibat disengat pandemi COVID-19.

Sejauh ini, JogjaROCKarta dipastikan akan menampilkan seabrek headliner dari scene lokal Tanah Air. Mereka akan tampil secara bergantian selama dua hari.

Pada hari pertama, Sabtu, 24 September, ada nama-nama seperti Ahmad Band, Burgerkill, DeadSquad, Grass Rock, Makara, Superman Is Dead, Serigala Malam, Sangkakala, The Hydrant, Rockfivetival Winner, Bias, Buktu dan Deadly Weapon.

Lalu Donald Duck Rockabilly, Eastern Gangster, End Of Julia, Gamma Blaster, John & The Jailstory, Kremun, Losfungos, Narcholocos, No Skill, Rockin Spades Rockabilly Club, Rottorhead, The Diegos, Underlock serta Untitled Joy

Memasuki hari kedua, Minggu, 25 September, bakal ada aksi dari putra daerah Death Vomit, lalu Edane, Jamrud, Prison Of Blues, Seringai, The Melting Minds, Voice Of Baceprot, Rockfivetival Winner, Circle Fox, Fun As Thirty, dan Haszh.

Kemudian Havinhell, Heks, Metalic Ass, Psychoriot, Roket, Saintjimmy, Sakarin, Smstr 10, Sunlotus, Temaram, The Kick, The Kudanil, The Ring plus The Trengginas.

JogjaROCKarta: International Rock Music Festival, demikian nama lengkap event ini, kali pertama digelar pada 2017 dengan mendaulat raksasa progressive metal dunia, Dream Theater sebagai headliner dalam dua hari penyelenggaraan.

Pada tahun 2018, JogjaROCKarta hanya digelar satu hari. Saat itu menampilkan dedengkot thrash metal Megadeth yang didukung band-band papan atas nasional termasuk God Bless dan Edane.

Berselang satu tahun, 2019, JogjaROCKarta menghadirkan band funk rock Extreme serta gerombolan thrash metal Power Trip sebagai penampil utama.

Pada edisi berikutnya, 2020, JogjaROCKarta kembali dengan headliner berkelas; Whitesnake dan Scorpions. Dilengkapi Navicula, Kelompok Penerbang Roket, legenda rock asal Jakarta God Bless, unit rock and roll dan blues rock kebanggaan Semarang Powerslaves, dan banyak lagi lainnya.

Setelah itu, JogjaROCKarta absen selama dua tahun akibat sengatan pandemi dan baru kembali pada tahun ini. Seperti edisi pertama, edisi kelima juga bakal digelar selama dua hari.

Kabarnya, JogjaROCkarta 2022 juga akan menampilkan dua headliner internasional. Tapi, sampai berita ini ditulis, penyelenggara belum memberi pengumuman resmi.