Musim Buruk Barca Tak Halangi Messi Bikin Rekor Gol dan <i>Assist</i>
Lionel Messi (Twitter @fcbarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi mencetak rekor baru di La Liga, ia menorehkan total 21 assist dalam satu musim. Pencapaian ini dibukukan Messi saat Barcelona melawan Alaves pada Minggu, 19 Juli malam. 

Melansir MARCA, Senin, Xavi Hernandez sebelumnya memegang rekor dengan total 20 assist untuk Barcelona pada musim 2008/09. Sementara untuk melengkapi 21 assist-nya, Messi juga mencetak 25 gol di La Liga sekaligus menobatkannya sebagai Pichichi.

Dalam laga yang berakhir dengan kemenangan Los Blaugarana 5-0 tadi malam, La Pulga mencetak dua gol pada menit 34 dan 75. Messi meninggalkan Karim Benzema yang terkunci dengan 21 golnya sekaligus meraup penghargaan Pichichi ketujuh dalam kariernya.

Labih jauh, ini adalah musim keempat berturut-turut yang diselesaikan Messi di puncak klasemen pencetak gol terbanyak kompetisi top Spanyol.

Sebelumnya, Hugo Sanchez juga melakukan hal yang sama pada musim 1984/85 - 1987/88. Tapi, dari empat Pichichi beruntun yang diraihnya, hanya tiga yang ia catat sebagai pemain Real Madrid. Satu musim lainnya, diraih saat bersama Atletico Madrid.

Jumlah gol yang ditorehkan Messi musim ini sesungguhnya tidak sebanding dengan jumlah 50 gol yang dicetaknya pada 2011/12 atau 36 gol yang ia cetak musim lalu. Tapi, itu sudah cukup untuk merebut Pichichi pada kesempatan ini. 

Kali terakhir Pichichi dimenangkan dengan jumlah gol sedikit seperti sekarang terjadi pada pada musim 2006/07. Saat itu, striker Real Madrid, Ruud van Nistelrooy mengamankannya dengan jumlah yang sama seperti Messi.

Catatan khusus untuk Messi adalah, di usianya yang sudah 33 tahun, sosoknya yang sangat penting untuk Barcelona jelas untuk dilihat semua orang. 

Menjaringkan 25 gol dari total 86 gol yang ditorehkan Barcelona, artinya sang kapten mencetak 29 persen dari gol tim Catalan sepanjang musim ini.

Hanya 11 pemain Barcelona yang merebut Pichichi sepanjang sejarah klub. Selain Messi, ada nama-nama seperti Cesar Rodriguez, Cayetano Re, Charly Rexach, Kronkl, Quini (dua kali), Romario, Ronaldo Nazario, Samuel Eto'o, dan Luis Suarez.

Menurut akun Twitter @FootballFunnnys, Messi bahkan mencatat rekor istimewa lainnya. Pemain yang selalu gagal di timnas senior Argentina ini masuk dalam daftar 'Klub 1000'.

Dengan jumlah gabungan 702 gol dan 298 assist resmi yang dibuatnya, La Pulga menjadi anggota pertama dan satu-satunya yang terlibat dalam 1000 gol Barcelona dan Argentina.

Terkait