PSSI Gandeng Suporter Demi Sukseskan Piala Dunia U-20, DPR Saran Gunakan YouTuber
Ilustrasi Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo sudah menegaskan, Indonesia harus sukses besar, baik dalam penyelenggaraan maupun prestasi timnas Indonesia.

Suporter diyakini bakal punya peranan penting dalam mewujudkan keinginan orang nomor satu di Indonesia itu. Suporter diharapkan tidak bersikap "nakal" agar penyelenggaraan berjalan tertib dan aman. Dukungan suporter juga jadi keuntungan buat timnas Indonesia saat berlaga di ajang empat tahunan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut, pihaknya akan terus merangkul suporter untuk menjadi mitra. PSSI menilai, suporter bakal menjadi salah satu penentu suksesnya gelaran Piala Dunia U-20 di Tanah Air. Yunus Nusi kemudian mengajak semua pihak untuk terus bergandengan tangan demi mencapai kesuksesan secara bersama-sama.

"Hal penting adalah kesinambungan kerja sama dengan semua stakeholders untuk menyukseskan Piala Dunia U-20 tahun depan," ujar pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Yunus Nusi mengungkapkan, Ketua Umum PSSI berencana untuk memberikan beberapa tiket gratis kepada suporter. Tak hanya itu, para mantan pemain timnas juga akan diberikan akses gratis di tempat berlangsungnya pertandingan.

PSSI siap melakukan segala cara untuk memeriahkan Piala Dunia U-20. Maklum, mereka punya misi untuk lebih sukses dalam penyelenggaraan ketimbang tuan rumah sebelumnya, Polandia. Selain itu, FIFA dikabarkan juga mengimbau setiap pertandingan bisa ditonton 10 ribu orang.

Untuk memenuhi imbauan FIFA, Indonesia harus pintar-pintar dalam menggaungkan penyelengaraan Piala Dunia U-20 di Tanah Air. Menurut Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, Indonesia butuh percepatan jika ingin event ini berlangsung sukses. Dia kemudian menyarankan pemerintah untuk menggandeng anak muda untuk menjadi relawan serta mengampanyekan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Saya dorong betul libatkan anak muda hingga youtuber-youtuber untuk mengampanyekan penyelenggaraan itu," ujarnya.