Kemenpora Gaungkan <i>Sport Science</i> Lewat Haornas 2020
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah) saat memimpin rapat persiapan Haornas 2020 (Foto: Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-37 akan dirayakan pada 9 September di Universitas Negeri Jakarta. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengusung tema sport science dalam perayaannya.

Kemenpora mengusung tema itu agar semua stakeholder olahraga dan masyarakat umum paham betul apa itu sport science. Baik itu kegunaan dan manfaatnya. Harapannya, grand design olahraga nasional menggunakan sport science.

Menpora Zainudin Amali berharap, tema ini akan tepat sasaran dan tersampaikan dengan baik mepada para stakeholder olahraga dan masyarakat luas. Untuk itu, politisi Partai Golkar ini menginginkan adanya kegiatan-kegiatan keolahragaan dengan tema yang sama.

Menpora juga mengungkapkan betapa pentingnya gelaran Road to Haornas. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk menginformasikan dan menggaungkan tentang pelaksanaan Haornas. Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Tema besar harus tergambarkan dari sekarang hingga puncak Haornas mendatang," kata Menpora.

"Pada akhirnya, semua stakeholder olahraga dan masyarakat umum akan tertanam di benaknya untuk menggunakan sport science dengan sendirinya sebagai bagian penting dari pembinaan olahraga," tambahnya.

Mengingat kondisi yang masih diselimuti pandemi COVID-19, gelaran kegiatan akan dilakukan dengan konsep virtual atau disiarkan secara langsung. Kegiatan pun tak akan melibatkan lebih dari 100 orang. Kemenpora lebih mengedepankan promosi publikasi sport science ke masyarakat luas.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan, inti dari kegiatan nanti adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penggunaan sport science. Khususnya dalam pembinaan olahraga nasional.

"Semoga pasca Haornas sport science dapat diaplikasikan dalam latihan dan pembinaan olahraga," tuturnya.