Fokus Tingkatkan Kualitas Olahraga Prestasi, KONI Jalin Kerja Sama dengan Akornas
Komite Olimpiade Nasional Indonesia (HUMAS KONI)

Bagikan:

JAKARTA – Komite Olimpiade Nasional Indonesia (KONI) jalin kerja sama dengan Akademi Olahraga Prestasi Nasional (Akornas). Fokus kerja sama ini adalah peningkatan kualitas olahraga prestasi.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Direktur Akornas Tono Suratman pada Kamis, 3 Februari.

”Peningkatan olahraga prestasi itu tidak dapat hanya dikerjakan oleh kelompok-kelompok tertentu, kita harus bersatu, saling mengisi kekurangan,” kata Marciano di laman resmi KONI.

Kualitas olahraga prestasi belakangan ini menjadi fokus pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga. Hal itu mulai terlihat saat Kemenpora mengusung tema Sport Science pada Hari Olahraga Nasional 2020 lalu.

Untuk itu, peran akademisi dan penerapan Sports Science dalam program pembinaan dinilai sebagai salah satu jalan yang harus dilalui untuk meningkatkan kualitas olahraga prestasi. 

Di samping itu tentu Sports Industry dan Sports Tourism juga tetap menjadi perhatian besar.

”Sangat penting bagi pembinaan olahraga prestasi Indonesia. Akornas merupakan satu bagian penting yang kita rasakan saat ini menjadi kelemahan kita,” kata Marciano.

Kehadiran Akornas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga olahraga khususnya pelatih. Pelatih-pelatih yang dibekali dengan ilmu pengetahuan benar-benar dibutuhkan untuk mengoptimalkan program-program yang direncanakan.

Hasil dari kerja sama itu diharapkan akan dirasakan seluruh induk cabang olahraga. Untuk itu, Akornas diminta agar terus meningkatkan kualitas pendidikannya guna berkontribusi pada kemajuan olahraga.

 ”KONI Pusat selaku induk organisasi olahraga prestasi menjalin kerja sama nyata dengan Akornas. Output-nya Akornas ini untuk cabor anggota KONI Pusat,” ujar Marciano.