Kisah Hidup Atlet Anti-Rasisme Colin Kaepernick Bakal Dibuat Dokumenter
Colin Kaepernick (Instagram @kaepernick7)

Bagikan:

JAKARTA - Ada berita baru dari quarterback NFL, Colin Keapernick. Kisah hidup atlet yang melakukan aksi berlutut saat menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat sebelum pertandingan ini akan diabadikan dalam sebuah film dokumenter.

Rumah produksi milik Disney yaitu ESPN Films mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan Kaepernick untuk membuat sebuah film dokumenter. Melalui kesepakatan itu, Ra Vision Media selaku perusahaan milik Kaepernick akan membuat rancangan cerita tertulis dan tidak tertulis, yang isinya membahas ras, keadilan sosial, dan usaha pencarian keadilan.

"Pengalaman Colin memberinya perspektif unik tentang persinggungan dalam hal olahraga, budaya, dan ras. Tidak diragukan lagi ini akan menciptakan kisah menarik yang akan mendidik, mencerahkan, dan menghibur," kata Ketua Eksekutif Disney Bob Iger dalam keterangan resminya.

Dokumenter tersebut akan fokus pada lima tahun terakhir kehidupan Kaepernick melalui wawancara dan rekaman arsip. Kaepernick mengatakan bahwa ia berharap proses pembuatan dokumenter ini juga mempedulikan sisi keadilan rasial.

"Dengan mengangkat sutradara, narator, dan produser berkulit hitam-gelap, akan lebih menginspirasi kaum muda dengan perspektif yang meyakinkan dan otentik" katanya.

Kaepernick menjadi simbol perjuangan melawan ketidakadilan rasial setelah berlutut saat lagu Star-Splanged Banner berkumandang sebelum pertandingan american football.

Ia sempat mengajukan keluhan terhadap NFL pada 2017, mengklaim adanya kolusi karena tidak ada tim yang mau memakainya setelah berpisah dengan San Francisco 49ers. Kaepernick dan NFL akhirnya berdamai pada 2019.

Pemain berambut kribo ini belum bermain lagi di NFL sejak 2016. Melansir MARCA, Kapernick akan berlatih dengan LA Chargers pada musim panas ini di mana pelatih kepala Anthony Lynn berencana untuk mempertimbangkannya ke dalam tim.

"Saya belum berbicara dengan Colin, jadi saya tidak yakin di mana dia berada sejauh dalam kariernya atau apa yang ingin dia lakukan," kata Lynn.