Rekor di Prancis, Tayangan Reims Vs PSG yang Jadi Debut Lionel Messi Sedot 10,5 Juta Penonton
Lionel Messi (Instagram @psg)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi melakukan debutnya untuk Paris Saint-Germain dalam laga kontra Reims pada Minggu kemarin. Bermain selama 24 menit di babak kedua, penampilan Messi telah menghasilkan banyak rekor.

L'Equipe melaporkan, lebih dari 10,5 juta orang di Prancis menonton tayangan pertandingan ini. Angka tersebut menjadikannya sebagai pertandingan Ligue 1 yang paling banyak ditonton di negara itu.

Cerita serupa terjadi di Spanyol, di mana perusahaan milik bek Barca Gerard Pique, Kosmos Holdings, membeli hak siar TV untuk menayangkan pertandingan Ligue 1 musim ini.

Rata-rata 2,2 juta pemirsa di Spanyol menonton Messi di Telecinco - pangsa pemirsa 18,6 persen yang mengesankan - di mana angka itu memuncak hingga ke angka 6,7 ​​juta.

Di Twitch, youtuber Spanyol terkenal Ibai Llanos - teman baik Messi - menyiarkan pertandingan langsung di salurannya, menarik rata-rata 343 ribu pemirsa dan menjangkau lebih dari 2 juta pemirsa Spanyol. Mengesankan!

Adapun perusahaan Kosmos milik Pique membeli hak siar Ligue 1 tersebut bekerja sama dengan Enjoy TV. Hal ini dilakukan agar mereka bisa mensublisensikannya ke saluran TV Spanyol.

Sebelumnya, mereka juga membeli hak untuk final Copa America 2021 ketika Messi memenangkan trofi internasional pertamanya saat Argentina menggulingkan Brasil 1-0.

Dilaporkan Football Espana baru-baru ini, Kosmos sebelumnya gagal membeli 49 persen Barca Corporate, yang di dalamnya meliputi berbagai area Barcelona termasuk lisensi Barca, studio Barca, Pusat Inovasi Barca dan Akademi Barca.

Statuta klub Catalan itu melarang upaya Pique karena dia masih berstatus sebagai pemain di La Liga.