Barcelona Punya Rencana Bagaimana Menang tanpa Messi
Antoine Griezmann (Instagram @fcbarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Di saat bayang-bayang Lionel Messi masih menghantui Camp Nou dalam pertandingan pembuka La Liga Barcelona pada Minggu lalu, tim asuhan Ronald Koeman menunjukkan bahwa ada kehidupan baru setelah kepergian pemain Argentina itu ke PSG.

Barca tampil luar biasa saat pasukan Koeman menunjukkan bahwa mereka memiliki rencana untuk menang tanpa Messi. Ya, Blaugrana memukul Real Sociedad 4-2.

Melansir MARCA, Rabu, 18 Agustus, aspek penting pertama dari penampilan mereka adalah upaya kolektif dari penguasaan bola, di mana 10 pemain non-kiper melakukan perubahan besar untuk melumpuhkan ancaman La Real. Sebagai pemain Barcelona, ​​​​Messi dalam banyak kesempatan telah dibebaskan dari tanggung jawab ini oleh pelatihnya.

Gol kedua Barcelona pada malam itu, yang dicetak Martin Braithwaite, terjadi ketika tekanan tinggi mereka melalui Eric Garcia yang sukses menggagalkan aksi Adnan Januzaj. Barca lantas memecah kebuntuan untuk mencetak gol.

Dalam penguasaan bola, performa Barcelona sama impresifnya, karena mereka menciptakan serangkaian peluang kunci yang didistribusikan di antara para penyerang, alih-alih dicoba oleh Messi.

Griezmann menonjol

Jika ada satu pemain yang menjadi contoh performa all-action timnya, itu adalah Antoine Griezmann.

Meskipun dia tidak mencetak gol, Griezmann merupakan ancaman konstan sepanjang pertandingan. Selain menggetarkan mistar gawang dengan tendangan keras, dia juga menunjukkan komitmen tingkat tinggi terhadap upaya pertahanan timnya.

Koeman menyimpulkan pada akhir laga bagaimana timnya bertujuan untuk beradaptasi tanpa Messi musim ini.

"Sepak bola kami bisa lebih kolektif dari sebelumnya," kata Koeman.

“Tentu saja kami tidak memiliki pemain [seperti Messi] yang memutuskan pertandingan sendiri.

"Ini adalah permainan kolektif."

Kendati musim 2021/2022 baru dimulai, tanda-tanda positif untuk Barcelona sudah terlihat. Semoga saja tidak kendor di pertengahan musim.