Dari Octagon ke Lapangan Sepak Bola: Mimpi Khabib Nurmagomedov yang Menjadi Nyata
Khabib Nurmagomedov (Twitter @teamkhabib)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan juara UFC Khabib Nurmagomedov tidak pernah menyembunyikan kecintaannya kepada sepak bola dan klub Real Madrid. Kini, mimpinya menjadi pemain profesional menjadi kenyataan setelah pria 32 tahun itu bergabung dengan klub divisi tiga Rusia, FC Legion Dynamo.

Ada beberapa panggilan untuk pemilik rekor 29-0 di MMA dan 13-0 di UFC itu untuk kembali ke octagon setelah mengumumkan pengunduran dirinya pada 24 Oktober silam.

Dia kerap kali menolak lantaran tidak bisa membayangkan bertarung tanpa kehadiran ayahnya, Abdulmanap, yang meninggal karena komplikasi akibat COVID-19. Namun, sebaliknya dia akan memulai petualangan baru dalam sepak bola.

Impian sepak bola Khabib

Sejumlah video yang memperlihatkan Khabib bermain sepak bola bersama pemenang Liga Champions empat kali Clarence Seedorf di Uni Emirat Arab beredar dalam beberapa bulan terakhir.

Dan sejumlah laporan kemudian muncul tentang tim sepak bola yang bersedia menawarkan kontrak kepada mantan bintang UFC, termasuk FC Kamaz di divisi tiga Rusia.

"Bermain sepak bola di level profesional adalah impian masa kecil. Tentu saja, saya punya keinginan seperti itu. Bagaimanapun juga, sepak bola adalah raja olahraga," kata Khabib kepada Match TV pada awal 2021, dilansir MARCA.

"Dengan siapa saya tidak membicarakan hal ini! Saya telah berbicara bahkan dengan presiden UEFA Aleksander Ceferin, dengan pemilik PSG, dan bahkan dengan Cristiano Ronaldo."

Khabib mengakui bahwa ada dua klub di hatinya - Spartak Moscow dan Real Madrid - tetapi mereka tampaknya berada di luar levelnya pada tahap ini.

"Spartak memang hebat, tapi itu level domestik. Klub impian saya adalah Real Madrid," akunya.

"Faktanya, pertandingan pertama yang saya ingat selama 90 menit penuh adalah Real Madrid vs Juventus pada 1998 [final Liga Champions]. Saya ingat [Pedja] Mijatovic mencetak gol dari posisi offside, tapi kami tetap menang."

Kemudian, pada Jumat, 13 Agustus, berita bahwa Khabib telah menandatangani kontrak dengan FC Legion Dynamo di Rusia terkuak. Langkah itu bahkan diungkap secara resmi oleh klub melalui sebuah postingan di media sosial yang menunjukkan Khabib menjabat tangan seorang pejabat klub.

"Legion kami memiliki pertempuran hebat di depan dan kami membutuhkan pejuang hebat untuk itu. Bersiaplah untuk menghadapi tim RPL bersama Khabib," tulis keterangan foto tersebut.

Akhirnya, Khabib memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpinya menjadi pesepak bola profesional, di samping membantu anak didiknya di UFC, Islam Makhachev, mencapai potensinya.