Liga Belanda Dibuka dengan Kemenangan Telak Ajax atas NEC Nijmegen
Penyerang Ajax Sebastien Haller (kanan) melakukan selebrasi bersama Dusan Tadic seusai mencetak gol ke gawang NEC Nijmegen (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Liga Belanda 20021/2022 dibuka dengan pertandingan Ajax kontra NEC Nijmegen di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB). Ajax menang telak dengan lima gol tanpa balas ke gawang tim promosi NEC Nijmegen.

Dusan Tadic mengemas dwigol dalam kemenangan 5-0 tersebut yang juga diwarnai gol-gol Sebastien Haller dan Noussair Mazraoui serta gol bunuh diri Bart van Rooij, demikian catatan laman resmi Liga Belanda dikutip dari ANTARA.

Menghadapi NEC, yang sudah empat tahun absen dari kasta tertinggi sepak bola Belanda, tim besutan Erik ten Hag tampil agresif sejak sepak mula dan mampu membuka keunggulan pada menit keenam lewat sontekan Haller meneruskan umpan silang Mazraoui.

Empat menit berselang giliran Mazraoui yang mencetak gol dengan sundulannya menyambut umpan lambung dari Tadic demi menggandakan keunggulan Ajax.

Ajax menambah lagi keunggulan mereka jadi 3-0 pada menit ke-14 setelah VAR menyatakan bahwa bola upaya sapuan Van Rooij sudah melewati garis gawang NEC dan tercatat sebagai gol bunuh diri.

Dominasi Ajax terus berlanjut dan Tadic membuat kedudukan jadi 4-0 pada menit ke-20 memanfaatkan situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi barisan pertahanan tim tamu.

Enam menit jelang turun minum Tadic mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan kiriman Steven Berghuis, mantan kapten Feyenoord yang memutuskan membelot ke Ajax, semakin memperlebar keunggulan tuan rumah jadi 5-0.

Babak kedua tetap berlangsung satu arah dan Ajax melepaskan sedikitnya delapan percobaan tembakan lagi, tapi tak satu pun menjadi gol dan skor 5-0 tak berubah sampai pertandingan selesai. Ajax selanjutnya akan bertandang ke markas Twente pada Minggu (22/8) pekan depan, dua hari setelah NEC menjamu PEC Zwolle.