Bagi Kevin/Marcus, Ekspektasi Penggemar Bak Dua Mata Pisau
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon selalu jadi andalan Indonesia di nomor ganda putra. Di pundak keduanya selalu ditambatkan harapan untuk meraih gelar.

Ekspektasi besar ini muncul seiring performa keduanya yang terus mengilap. Gelar demi gelar kini membawa The Minions bertengger di puncak ranking dunia. 

Tentunya ekspektasi itu bak dua mata pisau. Satu sisi bisa menjadi motivasi buat Kevin/Marcus. Namun, sisi lain juga memberikan beban yang luar biasa.

Pasalnya, Kevin/Marcus tak bisa selalu menang. Ada kalanya The Minions mengalami yang namanya kegagalan. Saat menelan kekalahan, Kevin mengaku sangat sedih. 

"Ekspektasi orang kan tinggi, apalagi di pertandingan penting. Kalau kalah pasti sedih, yang dilakukan ya harus latihan lebih keras lagi,"

Kevin Sanjaya Sukamuljo
 

Pebulu tangkis berusia 24 tahun itu tak menampik adanya beban sebelum pertandingan. Namun, semua itu hilang saat pertandingan. Dia dan Marcus memilih untuk fokus ke pertandingan. 

Sebagai ganda putra terbaik dunia, wajar bila ekspektasi orang begitu tinggi terhadap keduanya. Bahkan, target tinggi kerap diberikan federasi dan juga sponsor. 

Seperti dikutip dari PBSI, Kevin/Marcus ditarget untuk meraih lima gelar di turnamen level Super 500 hingga Super 1000 dalam setahun! 

Kevin mengungkapkan, The Minions mendapat target gelar juara dunia tahun lalu dan target dapat medali apapun di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, target di Olimpiade berubah setelah mereka gagal jadi juara dunia. 

"Target di Olimpiade dinaikkan jadi harus medali emas," ujar Kevin.