6 Wakil Indonesia yang Dipastikan Kantongi Tiket Bulu Tangkis Olimpiade 2020
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie (Situs Resmi PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) belum lama ini mengeluarkan ketentuan baru terkait kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Langkah ini diambil sebagai solusi yang adil dalam sistem kualifikasi.

Satu di antara ketentuan baru itu adalah semua poin yang telah didapat atlet dari turnamen yang telah selesai pada masa kualifikasi olimpiade (sampai All England 2020) akan tetap masuk dalam poin Race to Tokyo.

Itu artinya, ada enam wakil Indonesia yang dipastikan merebut tiket ke Olimpiade yang rencananya digelar 23 Juli - 8 Agustus 2021 tersebut. Pasalnya, para pebulu tangkis Indonesia itu sudah meraup poin yang memenuhi kriteria untuk lolos ke Olimpiade.

Siapa saja mereka? Berikut ini daftar enam wakil Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020:

Jonatan Christie

Jonatan Christie saat ini menempati posisi tujuh ranking BWF dengan 74,590 poin. Secara matematis, poin Race to Tokyo Jojo memastikan tunggal putra Indonesia itu tetap berada di 16 besar dan tak terkejar para pesaing lain. 

Anthony Sinisuka Ginting

Tunggal putra Indonesia satu ini menempati posisi keenam dengan 78,332 poin. Otomotis Anthony Ginting juga berhak tampil di Tokyo karena poin Race to Tokyo miliknya sudah cukup menempatkannya di 16 besar.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Ganda putra andalan Indonesia ini menempati posisi pertama ranking BWF. Sejauh ini, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sudah mengoleksi 106,853 poin. Poin yang lebih dari cukup untuk merebut tiket ke Olimpiade.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Indonesia dipastikan mengirim dua wakil di nomor ganda putra. Selain Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, ada juga pasangan gaek Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Ganda yang dijuluki The Daddies ini menempati posisi kedua ranking BWF dengan 97,557 poin. Secara matematis, mereka sudah dipastikan menembus Olimpiade 2020.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Gelar juara All England 2020 menjadi tiket Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianto menembus Olimpiade Tokyo. Mereka dipastikan akan tetap berada di posisi delapan besar. Saat ini, Praveen/Melati menempati posisi keempat ranking BWF dengan koleksi 80,247 poin.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ganda putri. Poin Race to Tokyo Greysia Polii/Apriyani Rahayu sudah cukup untuk membuat mereka merebut tiket Olimpiade.

Saat ini pasangan ini menempati posisi delapan ranking BWF dengan 72,105 poin.