Bersama Dukung Regulasi Pemain U-20 di Liga 1 demi Timnas Indonesia
Ilustrasi kompetisi Liga 1 (Foto: Liga Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah regulasi baru bakal diterapkan pada lanjutan Liga 1 2020. Salah satunya adalah regulasi mengenai pemain U-20.

Regulasi ini nantinya mewujudkan setiap klub Liga 1 untuk memainkan pemain yang usianya di bawah 20 tahun. Hal ini berkaitan dengan persiapan tim nasional Indonesia untuk menghadapi Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum memutuskan apakah bakal menerapkan regulasi ini atau tidak. Namun, sejumlah klub sudah menyatakan dukungannya.

Salah satunya datang dari Bhayangkara FC. Regulasi itu dinilai akan memberikan banyak efek positif. Sebut saja memberi kesempatan pemain muda untuk mendapat jam terbang.

"Itu (regulasi U-20) yang harusnya diterapkan. Saya setuju sekali kalau pemain muda diberi kesempatan bermain," ujar COO Bhayangkara FC, Kombes Pol Sumardji.

Arema FC juga setuju jika regulasi itu benar diterapkan pada lanjutan Liga 1 2020. Manajer Umum Arema, Ruddy Widodo, menyatakan pihaknya akan mendukung semua yang berkaitan dengan timnas Indonesia.

Menurutnya, Indonesia tak hanya dituntut sukses menjadi tuan rumah, tetapi juga harus meraih prestasi membanggakan. Tentunya, timnas Indonesia butuh stok pemain berkualitas yang akan diandalkan.

Hal senada juga diutarakan petinggi Persib Bandung. Secara garis besar, manajemen klub asal Jawa Barat itu mendukung selama untuk kebutuhan timnas Indonesia. Namun, Persib butuh penjelasan lebih lanjut dari PSSI.

"Mekanisme dan petunjuk dari PSSI belum kami terima," ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono. 

Hingga saat ini, PSSI masih mengkaji regulasi kewajiban klub untuk menurunkan pemain U-20 di Liga 1. Regulasi itu tengah ditinjau Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan melibatkan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI).