Bersama-sama Mewujudkan Amanat Presiden Jokowi untuk Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus memonitor persiapan tim nasional Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku mendapat amanat dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, agar Indonesia tak hanya sukses secara penyelenggaraan, tapi juga secara prestasi. 

Menurutnya, sepak bola adalah cara untuk mengangkat harkat martabat bangsa. Jadi, menjadi suatu kewajiban buat timnas Indonesia mampu bicara banyak di negeri sendiri. 

"Kami siap melaksanakan arahan Presiden Jokowi agar prestasi Timnas Indonesia harus 'bunyi' saat jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,"

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
 

Kamis kemarin, PSSI melakukan rapat virtual dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri. Rapat tersebut membahas soal persiapan timnas Indonesia. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meminta Shin Tae-yong untuk terus berkomunikasi dengan Indra Sjafri terkait program timnas Indonesia. PSSI juga ingin agar pemusatan latihan digelar di Indonesia. Kemungkinan tak ada pemusatan latihan (TC) di luar negeri seperti yang biasa dilakukan. 

"Meski di Tanah Air, kami harap para pemain harus fokus dan bekerja keras," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Shin Tae-yong mengaku tak masalah jika timnas Indonesia tak menggelar TC di luar negeri. Dirinya akan tetap mempersiapkan tim dengan maksimal demi meraih pencapaian terbaik, seperti yang diinginkan Presiden Jokowi.  

"Kami juga ingin melakukan pemusatan latihan di lapangan dan tentu uji coba dengan tim yang kualitasnya di atas kami," kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, Indra Sjafri mengungkapkan, PSSI sedang menyusun regulasi baru pada lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Regulasi itu nantinya mewajibkan klub untuk memainkan pemain usia di bawah 20 tahun.

Selain itu, PSSI juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk persiapan timnas Indonesia dan tuan rumah Piala Dunia U-20. 

"Ada beberapa permintaan dari PSSI yang kami sampaikan kepada Kemenpora, semoga dapat terwujud dan bermanfaat untuk timnas Indonesia serta PSSI," kata Indra Sjafri.