Pegang Amanat Bung Karno, Ganjar Pranowo Tolak Timnas Israel Tampil di Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto via Antara)

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menolak timnas Israel tampil di Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 223. Sikap penolakan ini merupakaj perwujudkan komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina.

Menurut Ganjar, hal ini sesuai dengan amanat Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ganjar mengatakan, sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Maret.

Ganjar juga mengaku terus mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina. Ia mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka.

"Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka," ujarnya.

Ganjar meminta panitia bersama pihak terkait untuk mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 tetap berjalan tanpa kehadiran timnas Israel di Indonesia. Dirinya pun sudah berkomunikasi dengan PSSI dan menteri terkait untuk membahas hal ini.

"Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," katanya.

Menurutnya, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini tetap bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” tandasnya.