Laris Manis Kalidou Koulibaly, Diminati Liverpool hingga Manchester City
Bek Napoli, Kalidou Koulibaly. (Foto: Twitter @kkoulibaly26)

Bagikan:

JAKARTA - Bek tengah Napoli, Kalidou Koulibaly laris manis di pasaran. Klub-klub besar Eropa --terutama dari Liga Inggris-- tengah serius menyatakan minatnya mendatangkan bek tim nasional Senegal itu.

Manchester United, Liverpool, dan calon klub kaya baru Newcastle United adalah daftar utama peminat yang ingin menggunakan jasa Koulibaly. Yang terbaru, Manchester City juga kabarnya ingin menggaet pemain berusia 28 tahun itu.

Sosok Koulibaly memang memiliki reputasi mentereng di Serie A Italia. Ia mengalami perkembangan yang luar biasa bersama Napoli, klub yang dibelanya sejak tahun 2014.

Bahkan namanya sering masuk dalam daftar 11 pemain terbaik tahunan Serie A. Di musim 2018/19, dalam daftar 11 nama pemain terbaik Serie A, nama Koulibaly tercantum bersama bek tangguh Juventus Giorgio Chiellini di posisi bek tengah.

Dikutip dari Manchester Evening News, Manchester City tengah memprioritaskan untuk membeli bek tengah baru untuk memperkuat lini pertahanannya musim depan.

Jurnalis olahraga dalam Transfer Window Podcast melaporkan bahwa Man City kehilangan sosok pemimpin di lini belakang sejak kepindahan Vincent Kompany.

Meskipun ada nama-nama seperi Nicolas Otamendi, John Stones, ataupun Aymeric Laporte, mereka belum bisa menyamai apa yang diperbuat Kompany bagi The Citizens. Apalagi, di tengah keterbatasan stok bek tengah, nama-nama tadi sering tumbang karena cedera.

Untuk itu Pep Guardiola butuh sosok seperti Koulibaly yang mampu tampil konsisten di sektor bek tengah. Koulibaly dinilai menjadi opsi yang paling tepat jika ingin City ingin memperkokoh lini pertahanannya.

Namun, ada satu faktor yang kemungkinan besar akan menggagalkan peluang Man City mendapatkan Koulibaly. Pasalnya, musim depan Man City tidak bermain di Liga Champions karena hukuman larangan bermain di Eropa selama dua musim setelah The Citizens melakukan pelanggaran berat terhadap aturan Financial Fair Play (FFP).

Karena akan sangat sayang jika bek setangguh Koulibaly tidak bermain di kompetisi teratas Eropa. Koulibaly pun tampaknya akan memilih klub yang mampu memainkannya di Liga Champions Eropa, seperti Liverpool.

The Reds memang sudah cukup lama memantau Koulibaly. Jurgen Klopp berencana menduetkan Virgil van Dijk dan Koulibaly.

Kepingan Terakhir Kekuatan Liverpool

Koulibaly dianggap akan menjadi kepingan terakhir dari puzzle kekuatan Liverpool. Ia dianggap akan semakin menyempurnakan kegarangan The Reds di masa mendatang.

Liverpool memang menjadi tim yang menakutkan dalam tiga musim belakangan, terlebih ketika kedatangan Van Dijk. Namun The Reds kerap bermasalah jika bek asal Belanda itu tak bermain.

Van Dijk pun dinilai tak punya tandem sepadan. Sehingga hal itu sering dianggap sebagai kelemahan utama pasukan Jurgen Klopp.

Mantan pemain Liverpool dan Napoli, Andrea Dossena turut berbicara mengenai spekulasi kepindahan Koulibaly ke The Reds. Menurutnya, proses penyempurnaan skuat Liverpool baru benar-benar tuntas saat Koulibaly mendarat di Anfield.

Dossena pun menganalisis, meski beberapa klub Eropa mengalami krisis finansial akibat pagebluk COVID-19, namun Liverpool dinilai masih sanggup membeli pemain dengan harga mahal. Hal itu berkebalikan dengan kondisi Napoli yang harus mencari dana segar demi menstabilkan keuangan klub.

"Jika Serie A Italia dilanjutkan, Napoli akan kesulitan menembus zona Liga Champions. Jadi mungkin mereka bakal terpaksa melepas sejumlah pemain penting, dan dua nama yang paling sering disebut adalah Fabian Ruiz dan Koulibaly," ungkap Dossena beberapa waktu lalu.

Liverpool tadinya bersaing dengan Manchester United untuk mendapatkan Koulibaly. Namun, Man United tampak tak seserius Liverpool dalam mendekati Koulibaly.

Selama membela Napoli sejak musim 2014/15, Koulibaly sudah mencatatkan 233 penampilan dengan mencetak 10 gol dan lima assist.

Sementara bersama tim nasional Senegal, Koulibaly menorehkan 42 penampilan sejak debut pada September 2015 dan selalu mendapat tempat utama.

Corriere dello Sport melaporkan, Napoli berencana melepas Koulibaly pada jendela transfer musim panas nanti. Koulibaly saat dibeli dari Metz hanya senilai 7,75 juta euro. Menurut Transfermarkt, nilai Koulibaly saat ini adalah 56 juta euro.