Suksesi PON XXI di Aceh dan Sumut Pada 2024, John Lubis Usulkan Sekber
Suasana rapat di KONI (Foto: gerakita.com)

Bagikan:

JAKARTA - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI akan diselenggarakan di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh pada tahun 2024. Meski masih lama, persiapan PON XXI sudah dilakukan sejak saat ini.

Selasa, 29 Juni 2021, rapat persiapan PON XXI digelar dan menghadirkan beberapa cabang KONI seperti Sumatera Utara dan Aceh. Rapat digelar di kantor KONI Pusat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Rapat dipimpin Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang didampingi Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Dr.Suwarno, Wakil II Ketua Umum KONI Pusat Mayjen (Purn) Soedarmo, Wakil II Sekjen Bidang Hukum M.Othniel Mamahit, Wakabid Organisasi Eman Sumusi, Wakabid Binpres Andrie Paranoan dan Wakabid Media dan Humas Tirto Prima Putra.

Jajaran KONI Aceh yang hadir dipimpin oleh Ketua Umum Muzakir Manaf (Mualem), begitu juga KONI Sumut yang dipimpin oleh ketua umum John Lubis.

“Sumatera dan Aceh mendapat kehormatan melaksanakan PON dengan format baru,” kata Marciano mengawali rapat dilansir gerakita.com

Ketua Umum KONI Pusat bersyukur Sumut dan Aceh sudah mempersiapkan PON XXI meski tengah sibuk dengan berbagai kompetisi yang berlangsung tahun 2021, salah satunya PON XX di Papua.

Marciano mengingatkan agar venue yang dibangun dapat bermanfaat untuk pembinaan olahraga prestasi usai PON XXI digelar.

Harapannya kelak, peninggalan PON XXI berupa infrastruktur dan sebagainya dapat digunakan sebagai sentra pembinaan olahraga prestasi.

Di samping itu, PON diharapkan dapat meningkatkan potensi perekonomian daerah. Adanya PON XXI menjadi momentum untuk promosikan daerah tuan rumah.

Kepada peserta rapat, Ketua Umum KONI Pusat ingatkan agar seluruh panitia penyelenggara dapat saling berkomunikasi dengan efektif. Dengan komunikasi yang baik maka akan lebih mudah dalam menyusun perencanaan dan penganggaran yang akurat.

Beberapa syarat demi suksesnya acara ini harus terpenuhi seperti komunikasi dan koordinasi yang baik, dukungan sumberdaya yang memadai, konsistensi, dukungan birokrasi dan organisasi pelaksana yang dapat menangani dengan baik.

Dalam rangka mematangkan hal tersebut Ketua Umum KONI Sumut John Lubis usulkan sekretariat bersama (Sekber). 

"Niat kami membentuk sekretariat bersama antara KONI Pusat, KONI Aceh dan KONI Sumut. Tim kecil inilah yang akan merancang ini semua,” tandas John Lubis.

Terkait