Menpora Pastikan Skema Baru Liga Indonesia, Semua Pertandingan Digelar di Pulau Jawa
Menpora Zainudin Amali (DOK Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut bakal menerapkan skema baru dalam liga Indonesia. Pertandingan akan dipusatkan di pulau Jawa.

"Kalau saat normal sistem semua berputar di tempat klub berada. Tapi sekarang karena pandemi maka diputuskan dengam sistem bubble dan semua pertandingan dipusatkan di pulau Jawa dengan beberapa klaster," kata Zainudin kepada wartawan, Senin, 31 Mei.

Selain itu, syarat utama dalam penyelenggaraan pertandingan yang rencananya bergulir pada Juli adalah tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, penularan COVID-19 dapat dicegah.

"Hal lain yang kami minta penerapan prokes," kata dia.

Sebelumnya, Polri resmi memberikan izin keramaian dalam penyelanggaran Liga 1 dan 2 sepak bola Indonesia. Keputusan pemberian izin berdasarkan diskusi dengan PSSI, PT LIB, Kementerian Kesehatan, Satgas, dan BNPB. 

"Hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Polri akan terus memantau proses berjalannya Liga 1 dan 2. Jika nanti ditemukan adanya pelanggaran, hal itu akan menjadi pertimbangan untuk mencabut izin keramaian tersebut.

"Kegiatan akan kami evaluasi sehingga pelanggaran prokes berpengaruh terhadap proses pelaksanaan liga," kata Sigit.