Sassuolo, Bologna, dan Parma  Jadi Tim Serie A Pertama yang Kembali Berlatih
Sassuolo dalam suatu pertandingan Serie A (Twitter @SassuoloUS)

Bagikan:

JAKARTA - Belum juga protokol kesehatan yang diajukan federasi sepak bola Italia FIGC kepada pemerintah Italia disetujui, klub Sassuolo mengumumkan bakal kembali menggelar sesi latihan pada Senin besok.

Sassuolo menjadi tim Liga Italia Serie A pertama yang mengumumkan bakal kembali menggelar sesi latihan di fasilitas klub setelah pelarangan aktivitas dampak pandemi COVID-19. Sementara protokol kesehatan sangat diperlukan sebagai pendampingan guna memulai kembali aktivitas klub dan kompetisi di Italia.

Namun, provinsi Emilia-Romagna, tempat Sassuolo bermarkas, sudah mengeluarkan keputusan bahwa klub-klub olahraga profesional sudah diizinkan melanjutkan aktivitas dengan catatan tetap menjunjung praktik jaga jarak.

"US Sassuolo Calcio mengumumkan mulai Senin 4 Mei, para pemain diizinkan menggunakan fasilitas Mapei Football Center untuk sesi latihan individual," demikian pernyataan Sassuolo di laman resmi klub, Sabtu, 2 Mei.

"Atlet hanya diperbolehkan menggunakan fasilitas lapangan sembari menerapkan praktik jaga jarak, tetapi dilarang memakai fasilitas seperti ruang ganti, gym maupun kantor," lanjut pernyataan tersebut.

Sassuolo menjelaskan, sesi latihan individual itu akan dilangsungkan pada pagi hari Senin-Jumat menggunakan tiga lapangan dengan jatah enam atlet atau satu pemain tiap setengah lapangan per jamnya.

Sesi latihan individual itu tidak akan didampingi staf pelatih teknis tetapi dipantau oleh tim medis darurat.

Sementara itu Bologna dan Parma yang juga berada di provinsi Emilio-Romagna mengikuti jejak Sassuolo yang mengumumkan para pemainnya bisa berlatih secara individual di fasilitas klub mereka. Sementara SPAL bersikap menunggu persetujuan protokol kesehatan yang diajukan FIGC.

Klub Serie A lain yang pemerintah wilayahnya sudah mengizinkan aktivitas pada Senin besok adalah Napoli, tapi pihak klub belum mengonfirmasi langkah mereka.