FIFA Usulkan Lima Pergantian Pemain ketika Kompetisi Kembali Aktif
Gianni Infantino (fifa.com)

Bagikan:

JAKARTA - FIFA mengusulkan bahwa tim akan diizinkan untuk menggunakan lima pergantian pemain per pertandingan karena jadwal yang padat ketika kompetisi dilanjutkan.

Pandemi virus corona telah menghentikan sebagian besar liga dan Eredivisie termasuk di antara mereka yang telah dibatalkan.

Tim menghadapi penumpukan jadwal ketika mereka akhirnya kembali beraksi. Untuk itu FIFA berharap, demi meringankan beban kerja para pemain dengan mengizinkan dua tambahan pergantian pemain selama pertandingan, atau total enam pergantian jika pertandingan berjalan ke waktu tambahan.

Penyelenggara akan memiliki opsi untuk menerapkan aturan sementara yang baru sampai akhir musim depan, sementara itu juga akan berlaku untuk pertandingan tim nasional hingga dan termasuk 31 Desember 2021.

"Ketika kompetisi berlanjut, kompetisi seperti itu kemungkinan akan menghadapi kalender pertandingan yang padat dengan frekuensi pertandingan yang lebih tinggi dari normal yang dimainkan dalam beberapa pekan berturut-turut," kata juru bicara FIFA.

"Keamanan para pemain adalah salah satu prioritas utama FIFA saat itu. Salah satu kekhawatiran dalam hal ini adalah bahwa frekuensi pertandingan yang lebih tinggi dari normal dapat meningkatkan risiko cedera potensial.

"Mengingat hal ini dan mengingat tantangan unik yang dihadapi secara global dalam memberikan kompetisi sesuai dengan kalender yang diramalkan semula, FIFA mengusulkan agar sejumlah besar pergantian pemain sementara diizinkan berdasarkan kebijaksanaan penyelenggara kompetisi yang relevan.

"Dalam kompetisi di mana kurang dari lima pergantian pemain saat ini diperbolehkan, setiap tim sekarang akan diberikan kemungkinan untuk menggunakan hingga lima pergantian pemain selama pertandingan, dengan kemungkinan pergantian tambahan tersisa selama waktu tambahan, jika relevan."