Menpora Amali Dorong ISORI Percepat Eksistensi, Bangun Sinergi dengan Kemenpora
DOK ANTARA/Menpora Zainudin Amali

Bagikan:

JAKARTA -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) eksis di tengah masyarakat. 

Harapan ini disampaikan Menpora saat menghadiri rapat kerja Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) secara virtual.

"Saya harap setara dengan misalnya IDI (Ikatan Dokter Indonesia), ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia), atau PII (Persatuan Insinyur Indonesia). Saya inginnya begitu, agar bisa dirasakan ditengah masyarakat,” ujar Menpora Amali, Selasa, 20 April.

Menpora mendorong kepengurusan ISORI yang baru dilantik agar bekerja lebih giat dan cepat lagi sehingga bisa bersinergi dengan Kemenpora melalui program-program yang ada. 

“Saya apresiasi bagaimana ISORI sudah mulai melakukan tugas setelah menerima arahan ketika dilantik. Ini mungkin agak harus dipercepat lagi supaya keberadaan ISORI ada di tengah masyarakat,” terang Menpora Amali

Dia menargetkan kepengurusan ISORI pusat agar dapat mengaktifkan jajaran pengurus daerah di setiap provinsi dalam jangka waktu dua sampai tiga bulan mendatang. Sebab menurut Menpora, keberadaan ISORI di setiap provinsi sangat penting dalam pembinaan maupun prestasi olahraga nasional. 

“Kepengurusan ISORI di daerah harus ada. ISORI sinergi dengan Kemenpora. Saya harap kegiatan yang ada baik di (Deputi) pembudayaan olahraga maupun prestasi olahraga bisa disinergikan. Kemudian, dalam grand design keolahragaan nasional, saya minta ISORI fokus dalam sport science,” kata Amali. 

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Pusat ISORI, Prof Syahrial Bakhtiar menyampaikan terima kasih atas arahan dan masukan dari Menpora Amali. Dia mengatakan sejak dilantik, pihaknya sudah melakukan rapat kepengurusan. 

“Kami sudah melakukan rapat, membahas komitmen ISORI untuk melaksanakan arahan-arahan pak Menpora. Pendataan para sarjana olahraga dilakukan. Kemudian juga mengaktifkan kepengurusan di daerah,” kata Prof Syahrial. 

Syahrial menuturkan, dalam grand design keolahragaan nasional, ISORI juga telah mencoba mengimplementasi serta memonitoring. 

"Itu kami juga sudah sampaikan ke jajaran pengurus. Semoga keberadaan ISORI ini bisa betul-betul bermakna bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.