Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan besar saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara U-17 pada laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Anak asuh Nova Arianto menang 10-0 pada laga yang dihelat di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Mishref, Kuwait, Jumat, 25 Oktober 2024.

Pada partai tersebut, Nova melalukan sejumlah rotasi untuk beberapa pemain pilar. Strategi itu dilakukan agar para pemain bisa bugar menghadapi pertandingan penting dan terakhir grup melawan Australia U-17.

Rotasi tersebut menjadi modal penting sekaligus memberikan kesempatan bagi pemain yang belum tampil.

"Yang pasti ini adalah hasil yang kami syukuri. Sejak awal, kami sudah mempersiapkan pemain untuk nantinya menghadapi Australia."

"Semua pemain yang belum bermain, kami mainkan melawan Kepulauan Mariana Utara," ungkap Nova usai pertandingan dilansir laman PSSI.

Meski menurunkan susunan pemain yang berbeda, Garuda Muda tetap tampil dominan dan sukses mencetak 10 gol tanpa balas.

Nova mengakui bahwa meski hasilnya memuaskan, masih ada beberapa peluang yang terbuang dan seharusnya bisa menghasilkan gol tambahan.

"Saya lihat mereka tampil maksimal walaupun ada beberapa peluang yang seharusnya bisa menjadi gol, tetapi tidak tercapai," tuturnya.

Selanjutnya, Indonesia U-17 menargetkan kemenangan melawan Australia demi menjadi juara Grup G dan lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2025.

Sejumlah persiapan pun dilakukan demi mewujudkan target tersebut. Nova mulai membenahi kekurangan, seperti perebutan bola dan transisi permainan.

Menurutnya, masih ada kecenderungan pemain terburu-buru saat melakukan transisi.

"Fokus kami adalah pertandingan terakhir melawan Australia. Kami ingin memenangi pertandingan tersebut."

"Itulah kenapa kami menyimpan beberapa pemain yang biasanya menjadi starter agar nantinya lebih siap. Sehingga, kami bisa meraih tiga poin melawan Australia," tutur Nova.

"Kekurangan kami masih sama, terutama saat merebut bola dan melakukan transisi, pemain masih terburu-buru. Termasuk di pertandingan melawan Kepulauan Mariana Utara, secara penyelesaian akhir banyak peluang yang tidak berbuah gol," katanya lagi.

Sejauh ini, Indonesia U-17 masih berada di peringkat kedua klasemen Grup G dengan meraih enam poin, sama dengan milik Australia yang ada di puncak.

Dalam klasemen runner-up terbaik, Indonesia U-17 masih belum aman. Garuda Muda ada di peringkat keenam.

Sebagaimana diketahui, setiap juara grup lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi bersama lima runner-up terbaik.

Sementara itu, Indonesia U-17 akan menghadapi Australia di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah pada Minggu, 27 Oktober 2024, malam WIB.