Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 sukses memetik kemenangan di laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 melawan Kuwait U-17. Hasil itu kemudian mendapat sorotan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang dianggap sebagai permulaan yang fantastis.

Kemenangan Timnas Indonesia U-17 di Stadion Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah pada Rabu, 23 Oktober 2024, malam WIB tak lepas dari sosok Mathew Baker. Ia menjadi pencetak gol tunggal kemenangan saat Skuad Garuda Muda.

Tiga poin perdana itu bisa menjadi modal penting dalam perburuan tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2025 yang akan berlangsung di Arab Saudi. Karena itu, AFC pun mengakui bahwa catatan ini menjadi permulaan yang luar biasa.

"Indonesia mengawali kiprah di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 Arab Saudi dengan start fantastis lewat kemenangan 1-0 atas Kuwait pada Rabu," tulis AFC di laman resminya dikutip Rabu, 23 Oktober 2024.

AFC juga menilai bahwa kemenangan Timnas Indonesia U-17 ini sesuatu yang hebat karena pertandingan berlangsung di Kuwait.

Anak asuh Nova Arianto itu juga bisa menuntaskan serangan awal dengan baik dan kemudian bisa bertahan tanpa kebobolan.

"Meskipun memiliki keuntungan bermain di kandang sendiri, Kuwait harus mengakui keunggulan Indonesia sejak awal pertandingan karena Indonesia bermain menyerang."

"Serangan awal tim Asia Tenggara membuahkan hasil pada menit kedelapan melalui bek Mathew Ryan Baker yang mencetak gol."

"Kendati Kuwait berupaya keras, mereka tidak berhasil menyamakan kedudukan. Tim Asia Barat akan menghadapi Australia pada hari Jumat. Indonesia akan menargetkan tiga poin lagi saat melawan Kepulauan Mariana Utara," tulis AFC lagi.

Kemenangan atas Kuwait menjadi faktor penting yang bisa meloloskan Indonesia U-17 ke Piala Asia U-17 2025. Apalagi selanjutnya Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Kepulauan Mariana Utara U-17 pada Jumat, 25 Oktober 2024.