Bagikan:

YOGYAKARTA – Tiga pemain timnas dihukum AFC sebagai buntut dari kericuhan yang terjadi di final sepak bola SEA Games 2023.

Diketahui, tim nasional Indonesia U-22 berhasil menggondol medali emas usai membekuk Thailand dengan skor 5-2 pada final SEA Games 2023 yang dipentaskan di Stadion Phnom Penh, 16 Mei lalu.

Anak asuh Indra Sjafri meraih kemenangan di babak perpanjangan waktu setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang selama 2x 45 menit.

Pertandingan tersebut sempat diwarnai kericuhan, tepatnya setelah Thailand berhasil menyaman skor menjadi 2-2 di waktu normal. Para pemain dan tim ofisial terlibat baku hantam sebelum berhasil dilerai wasit.

Di babak perpanjangan waktu (extra time), timnas Indonesia berhasil mencetak tiga gol tambahan dan memastikan kemenangan dengan skor 5-2.

Sehari setelah laga tersebut digelar, salah satu ofisial timnas Thailand meminta maaf kepada tim ofisial Indonesia atas kericuhan yang terjadi selama pertandingan.

Dua bulan berselang, AFC menjatuhkan sanksi kepada 15 orang yang terlibat dalam kericuhan. Sanksi diberikan kepada pemain dan ofisial kedua tim

Tiga Pemain Timnas Dihukum AFC

Terdapat tiga pemain timnas U-22 yang mendapat sanksi dari AFC karena melakukan pelanggaran disiplin dan etika.

Ketiga pemain tersebut yakni Titan Agung Bagus Fauzi, Komang Teguh Trisnanda, dan Muhammad Taufany.

Titan dan Komang dilarang tampil enam pertandingan serta didenda 1000 dolar AS atau setara Rp14,96 juta (kurs Rp14.963).

Sementara Taufany mendapat sanksi larangan bermain dalam enam pertandingan, tetapi tidak diwajibkan membayar denda seperti kedua rekannya.

Secara lebih rinci, berikut pasal yang disangkakan beserta sanksi yang dijatuhkan AFC kepada tiga pemain timnas U-22 setelah melakukan pelanggaran disiplin dan etika di final SEA Games 2023:

  • Titan Agung Bagus Fauzi: Pelanggaran Pasal 47 Kode Disiplin dan Etik AFC. Sanksi larangan tampil enam pertandingan dan denda 1000 dolar AS.
  • Komang Teguh Trisnanda: Pelanggaran Pasal 47 Kode Disiplin dan Etik AFC. Sanksi larangan tampil dalam enam pertandingan dan denda 1000 dolar AS.
  • Muhammad Taufany: Pelanggaran Pasal 51 Kode Disiplin dan Etik AFC. Sanksi larangan bermain tim dalam enam pertandingan.

Demikian informasi tentang tiga pemain timnas yang disanksi AFC. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.