Bagikan:

JAKARTA – Francesco Bagnaia resmi masuk dalam jajaran elite pebalap ikonik MotoGP setelah mengukir kemenangan dalam Grand Prix terbaru di Jepang pada akhir pekan kemarin.

Juara bertahan itu melanjutkan performa bagusnya dengan penampilan dominan di Jepang untuk meraih kemenangan kedelapannya dalam kalender musim ini.

Kinerja luar biasa selama akhir pekan kemarin membuat Bagnaia tak hanya memangkas jarak dengan Jorge Martin menjadi sisa 10 poin saja, tetapi juga mengukuhkan namanya bersama para pebalap hebat lainnya.

Hasil di Sirkuit Twin Ring Motegi membawa Bagnaia bergabung dengan ikon olahraga ini, seperti Casey Stoner, Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

Dia menyamai pencapaian nama-nama itu sebagai pebalap yang mampu meraih setidaknya delapan kemenangan dalam satu musim kompetisi dari ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Bagnaia kemungkinan masih bisa menambah jumlah kemenangan lagi dalam kalender musim ini. Pasalnya, masih ada empat seri tersisa, yakni Australia, Thailand, Malaysia, dan Valencia.

Satu kemenangan lagi akan membawa Bagnaia menyamai sembilan kemenangan Lorenzo pada 2010. Adapun dua kemenangan lagi akan membuat dia menyamai Stoner pada musim 2007 dan 2011.

Jika meraih tiga kemenangan dalam empat putaran tersisa itu maka Bagnaiai otomatis sejajar dengan mentornya, Valentino Rossi, yang mengemas 11 kemenangan pada 2002 dan 2005.

Sementara itu, sampai saat ini rekor kemenangan terbanyak di MotoGP masih dipegang oleh calon rekan setim Bagnaia tahun depan, yakni Marc Marquez, yang mengoleksi 13 kemenangan sepanjang 2014.

Saat ini Bagnaia duduk di posisi kedua klasemen sementara pebalap dengan 382 poin. Dia berada satu tempat di belakang Jorge Martin yang mengisi posisi wahid.