Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia berhasil merebut podium pertama dalam balapan MotoGP Jerman 2024. Bagnaia menjadi pemenang menyusul Jorge Martin yang sebelumnya memimpin di lap terakhir namun kandas karena crash.

Dalam balapan di Sirkuit Sachsenring pada Minggu, 7 Juli Jorge Martin sejatinya memulai balapan lewat posisi terdepan. Menjelang putaran akhir, namanya masih berada di urutan teratas.

Namun saat balapan menyisakan tiga putaran, Jorge Martin justru mengalami insiden. Posisinya kemudian direbut oleh Francesco Bagnaia.

Pencapaian ini merupakan kemenangan pertama Francesco Bagnaia di Sirkuit Sachsenring. Hasil akhir ini dilalui Bagnaia dengan banyak perlawanan.

Pertarungan perebutan podium berjalan seru. Sepuluh lap pertama, pertarungan tiga pembalap Ducati terbilang sengit.

Jorge Martin, yang sempat mengambil alih balapan gagal mempertahankannya setelah Francesco Bagnaia merebut posisi terdepan. 

Bagnaia terus berusaha lolos dari kepungan pembalap satelit Ducati, yakni Martin dan Franco Morbidelli. Setelah dua lap mempertahankan posisinya, Martin kembali mengambil posisi terdepan.

Pada akhirnya, pebalap Ducati itu menjadi yang tercepat melewati 30 putaran dengan catatan waktu 40 menit, 40,063 detik. Melengkapi posisi dua di podium ada pebalap Gresini Racing Marc Marquez yang lebih lambat 3,804 detik dan Alex Marquez di posisi ketiga.

Marc Marquez kembali menjalani balapan sensasional. Rider Gresini Racing itu start dari posisi ke-13, dan bisa terus mengejar hingga berhasil finish di posisi kedua.

Demi merebut posisi kedua, Marc Marquez sempat bersenggolan dengan Franco Morbidelli saat balapan menyisakan sembilan putaran.

Dengan hasil ini, Bagnaia pun memetik kemenangan keenam di MotoGP 2024. Bagnaia kini ada di posisi teratas di klasemen MotoGP 2024 dengan mengumpulkan sebanyak 222 poin.