Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin berhasil menyegel posisi podium utama di MotoGP Paris 2024. Dalam balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu 12 Mei, Martin mengungguli Marc Marquez dan Francesco Bagnaia.

Upaya Martin untuk mengunci kemenangan di seri kelima ini didukung oleh situasi yang baik di awal balapan. Ia memulai perjuangan di posisi pole sitter.

Meski begitu, pebalap yang memimpin di awal balapan justru diisi Francesco Bagnaia. Martin terus menempel ketat untuk bisa mencuri posisi tercepat.

Memasuki lap ketiga, kekacauan terjadi. Kecelakaan terjadi di tikungan 8 yang melibatkan Pedro Acosta. Ini menjadi crash pertama rider Red Bull GasGas Tech3 itu di MotoGP 2024.

Hanya berselang satu lap, giliran Marco Bezzecchi yang dirundung malang. Ia ikut terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan, sementara itu situasi di lintasan berjalan kian sengit.

Persaingan sengit terjadi di lap ke-17, dimana Marc Marquez terlihat berusaha menyalip Di Giannantonio untuk merebut posisi ketiga, tapi usahanya ditutup rivalnya itu. Tak lama, usaha Marquez berbuah manis setelah Di Giannantonio mengambil penalti long lap. 

Memasuki lap 20, Jorge Martin mengambil alih pimpinan balapan dari Bagnaia tapi pebalap berjuluk Peco itu dapat merebut kembali posisi terdepan. Masuk di lap ke-22, Martin mengambil alih kembali posisi tercepat.

Di lap ke-24, Marquez berusaha menguntit dua rider di depannya tapi itu gagal karena ruang geraknya ditutup oleh sang juara bertahan MotoGP.

Tiga rider terdepan diisi oleh Jorge Martin, Marc Marquez dan Bagnaia hingga lap terakhir. Posisi pemenang kemudian disegel oleh Martin di lap ke-27 disusul Marquez yang mengasapi Bagnaia di posisi ketiga.

Hasil MotoGP Prancis 2024: 

1. Jorge Martin

2. Marc Marquez

3. Francesco Bagnaia

4. Enea Bastianini

5. Maverick Vinales

6. Fabio Di Giannantonio

7. Franco Morbidelli

8. Brad Binder

9. Aleix Espargaro

10. Alex Marquez

11. Raul Fernandez

12. Johann Zarco

13. A. Fernandez

14. Takaaki Nakagami

15. Alex Rins

16. Luca Marini.