Bagikan:

JAKARTA - Pembalap muda Indonesia kembali memberi catatan positif. Ia adalah Veda Ega Pratama yang ikut bersaing di Red Bull Rookies Cup 2024.

Setelah finis posisi ke-11 pada race 2 seri pembuka di Sirkuit Jerez dua pekan lalu dan finis posisi ke-10 pada race 1 seri kedua di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada Sabtu (11/5), pembalap 15 tahun itu menajamkan catatan balapnya dengan finis posisi tujuh pada race 2 seri kedua di Sirkuit Le Mans, Minggu.

Veda yang memulai balapan dari posisi ke-11, pada lap pertama sempat terlempar di posisi ke-13 sebelum kemudian pada lap kedua ia menyalip Kevin Farkas untuk posisi ke-12 dan naik ke posisi ke-11 setelah Ruche Moodley terjatuh.

Pada lap keempat, pembalap asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu mendahului Carter Thompson untuk posisi ke-10.

Posisi Veda terus naik dan pada lap kelima, ia menempati posisi kesembilan setelah menyalip Kristian Daniel.

Veda terus memacu gas motornya pada balapan kali ini dengan terus menjaga jarak dengan rombongan pembalap-pembalap di depannya.

Ia lalu mencatatkan best lap saat memasuki lap keenam dengan waktu 1 menit 45,106 detik.

Momentum ini ia manfaatkan dengan baik, dengan menyalip dua pembalap sekaligus yaitu Marco Morelli dan Giulio Pugliese pada lap ketujuh untuk mengamankan posisi tujuh.

Morelli sempat mengambil alih posisinya, tapi best lap yang kembali ia catatkan dengan 1 menit 45,033 detik membuatnya kembali mengamankan posisi tujuh dari pembalap Argentina tersebut.

Memasuki lap kesembilan, Veda semakin cepat dimana ia menajamkan catatan best lap-nya dengan 1 menit 44,663 detik, dengan beberapa saat kemudian ia naik ke posisi keenam setelah overtake Alvaro Carpe.

Ia sempat menduduki posisi kelima pada lap kesebelas saat mendahului Rico Salmela. Namun, satu lap berikutnya posisinya diambil alih oleh Carpe.

Veda hampir menyelesaikan balapan dengan 15 lap ini di posisi keenam. Namun, Morelli yang menguntitnya di belakang mencatatkan waktu tercepat 1 menit 44,019 detik untuk mengambil alih posisi keenam pada tikungan-tikungan terakhir sebelum garis finis.

Veda akhirnya menutup seri kedua Red Bull Rookies Cup di Sirkuit Le Mans ini pada posisi ketujuh.

Sementara itu, dua pembalap Spanyol Brian Uriarte dan Maximo Quiles mengamankan posisi pertama dan kedua pada balapan kali ini.

Posisi keduanya diikuti oleh pembalap Malaysia Hakim Danish yang melengkapi podium ketiga.

Meskipun finis pada posisi kedua, Quiles tetap memimpin klasemen sementara dengan 74 poin, diikuti Carpe dengan 65 poin, dan Uriarte di posisi ketiga dengan 62 poin.

Untuk Veda yang finis pada posisi ketujuh, tambahan sembilan poin ini membuat juara Asia Talent Cup (ATC) 2023 dengan rekor mengesankan itu naik ke posisi kesembilan dengan 20 poin.

Seri ketiga Red Bull Rookies Cup akan dimainkan Sirkuit Mugello, Italia pada 1-2 Juni mendatang. Penyelenggaraan seri ini bertepatan dengan seri ketujuh MotoGP Italia 2024 yang digelar di tempat yang sama.