Bagikan:

JAKARTA – Pebalap belia Indonesia, Veda Ega Pratama, mendapat promosi bertarung di ajang penting Red Bull MotoGP Rookie Cup 2024.

Veda naik kelas ke ajang ini setelah dipilih oleh Dorna Sport bersama pebalap Thailand, Jakkreephat Phuettisan. Kedua nama itu sebelumnya bersaing di kejuaraan Asia Talent Cup (ATC).

Kesempatan emas ini didapat Veda setelah keluar menjadi juara di ATC musim ini. Sekarang jalannya menuju MotoGP semakin terbuka.

"Musim lalu, Pratama membuat dampak yang signifikan pada tahun pertamanya di ATC. Meskipun sempat mengalami cedera, ia berhasil memenangi sejumlah balapan untuk mengakhiri musim dengan momentum bagus," tulis keterangan ATC di situs mereka.

Veda memastikan gelar juara ATC 2023 dengan membuat tiga rekor sekaligus. Rekor-rekor itu ialah juara termuda ATC, juara dengan mengumpulkan poin terbanyak, serta juara dengan jumlah kemenangan terbanyak dari 12 seri.

"Setelah mengawali tahun 2023 sebagai favorit, momentum tersebut terus berkembang dengan meraih sembilan kemenangan dari 12 kemenangan yang mungkin diraihnya musim ini," demikian pernyataan lanjutan ATC.

MotoGP Rookie Cup merupakan ajang balap buat talenta-talenta muda pendatang baru yang sebelumnya tidak pernah tampil di level Grand Prix. Balapan ini sudah dimulai sejak 2007.

Musim depan balapan, MotoGP Rookie Cup akan berlangsung dalam tujuh seri. Tujuh seri tersebut ialah Jerez, Le Mans, Mugello, Assen, Spielberg, Aragon, dan Misano.