Bagikan:

JAKARTA - Simone Inzaghi menerima penghargaan Manlio Scopigno pada Senin, 7 Oktober 2024, lantaran ia menjadi Pelatih Terbaik Serie A untuk musim 2023/2024

Penghargaan ini diberikan kepada pelatih yang sepanjang musim paling menonjol dalam hal sportivitas, persiapan, kelas, kecakapan, cara menghadapi media, dan kemampuan berhubungan dengan timnya yang memadukan keterampilan profesional dengan kualitas manusia dan olahraga.

Sebelumnya, Inzaghi juga mendapat penghargaan serupa saat menangani tim muda Lazio atau Lazio Primavera pada 2014.

Kala itu, manajer 48 tahun tersebut dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Sektor Muda.

"Senang menerima penghargaan seperti ini. Saya cukup beruntung memenanginya saat melatih (Lazio) Primavera. Sekarang saya memenanginya bersama tim utama (Inter Milan)."

"Ini adalah penghargaan yang dinamai menurut dua orang penting, Manlio Scopigno dan Felice Pulici, yang sangat penting bagi karier saya."

"Penghargaan ini sangat mengingatkan saya ketika tiba dari Piacenza ke Lazio pada 1999 saat masih kecil," ujar Inzaghi di laman resmi Inter Milan.

Tak lupa, Inzaghi membagikan penghargaan ini kepada sosok legenda Italia yang jadi panutannya, mendiang Tommaso Maestrelli.

Maestrelli merupakan mantan pemain dan manajer yang namanya besar di Roma. Semasa masih aktif bermain, dia pernah membela Bari, Roma, dan Lucchese.

Karier manajerialnya dimulai dari tempatnya gantung sepatu, Bari. Kemudian, dia menukangi Reggina, Foggia, hingga Lazio. Maestrelli wafat pada 2 Desember 1976 pada usia 54 tahun.

"Omong-omong, hari ini adalah hari ulang tahun Tommaso Maestrelli (7 Oktober 2024). Saya baru saja bertemu putranya, kenangan saya tertuju padanya."

"Saya berbagi penghargaan ini dengan semua staf saya, para pemain, dan klub yang memungkinkan saya memenangi pengakuan penting ini," kata Inzaghi lagi.

Manlio Scopigno menjadi nama penghargaan Pelatih Terbaik Serie A. Namanya diambil dari sosok pelatih bersejarah Cagliari yang meraih scudetto pada 1970.

Selama kariernya, dia tampak cemerlang dan telah membuatnya unik dalam deretan pelatih Italia.

Sementara itu, pemberian penghargaan kepada Inzaghi berlangsung di Roma, tepatnya di Aula Kehormatan CONI (Komite Olimpiade Italia).