Bagikan:

JAKARTA - Liverpool menjadi unggulan saat melakoni laga tandang melawan Crystal Palace di Premier League Inggris. Dengan modal rekor gemilang manajer Arne Slot, Liverpool optimistis menjaga takhta klasemen dalam duel di Stadion Selhurst Park, London, Sabtu, 5 Oktober 2024 malam WIB.

Laga di siang hari atau lunchtime waktu setempat saat Liverpool membidik kemenangan di kandang Palace. Liverpool tak bisa berleha-leha setelah melakukan kudeta dengan melengserkan Manchester City yang sebelumnya menduduki takhta klasemen.

Persoalannya, persaingan di papan atas masih sangat ketat. Perebutan posisi puncak tidak hanya melibatkan Liverpool dan Man City yang berstatus juara bertahan tetapi juga Arsenal dan Chelsea serta Aston Villa.

Liverpool yang mengantungi poin 15 setelah menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers hanya unggul satu poin dengan Man City dan Arsenal. Sedangkan Chelsea dan Villa yang berada di posisi empat dan lima memiliki poin 13.

Tim-tim pun saling intip untuk menjegal satu sama lain. Manajer Arne Slot pun tak ingin kehilangan peluang mempertahankan posisi Liverpool. Apalagi Slot sukses menorehkan rekor sebagai manajer pertama di Liverpool yang meraih delapan kemenangan dari sembilan pertandingan pertama di berbagai kompetisi.

Pencapaian mengesankan Slot menjadikan dia disebut-sebut bakal mengikuti Jurgen Klopp, Bill Shankly dan Bob Paisley yang menyandang status pelatih legendaris The Reds. Mereka sukses tidak hanya memberi trofi Liga Inggris tetapi juga Liga Champions [dulu Piala Champions] dan berbagai trofi lain.

Namun waktu yang akan menjawab karena Slot baru beberapa bulan menangani Liverpool sehingga belum membawa trofi ke Anfield.

Kini, eks pelatih Feyenoord ini memburu kemenangan kesembilan sekaligus mengukuhkan posisi Liverpool di puncak. Selain itu, Slot bisa menyamai rekor Felipe Scolari, John Gregory dan Bobby Gould yang pernah membawa tim meraih lima kemenangan secara berturut-turut di pertandingan tandang.

Demi memenuhi target tiga poin, Slot kemungkinan tidak melakukan banyak perubahan pada komposisi starter. Gelandang Alexis Mac Allister dan Mohamed Salah yang mencetak gol saat Liverpool menang 2-0 atas Bologna di Liga Champions bakal kembali menjadi pilihan pertama.

Namun pemain depan Darwin Nunez kemungkinan bakal duduk di bench. Sebaliknya, striker Diogo Jota yang mendapat giliran sebagai starter. Di laga melawan Bologna, dia dimainkan sebagai pengganti Nunez saat Liverpool sudah unggul 1-0.

Hanya Federico Chiesa yang absen di laga tersebut. Pemain tim nasional Italia ini mengalami cedera menjelang laga melawan Bologna. Dia juga dinyatakan belum pulih dari cedera yang dialaminya sehingga tak bisa tampil melawan Palace.

Sementara, manajer Palace Oliver Glasner harus bekerja keras membenahi tim. Performa Palace yang masih labil menjadikan mereka berkutat di papan bawah. Bahkan Palace menduduki peringkat 18 atau berada di zona degradasi.

Meski berada di papan bawah, namun posisi Glasner masih aman dari isu pemecatan. Apalagi, Palace masih bertahan di Carabao Cup.

Hanya, dirinya tak bisa menurunkan skuat terbaik saat Palace butuh kemenangan. Ini yang menjadikan tuan rumah kurang diunggulkan. Pasalnya sejumlah pemain pilar bakal absen, di antaranya Chadi Riad, Christopher Richards dan Cheick Doucoure

Pemain depan Eddie Nketiah yang didatangkan dari Arsenal menjadi harapan Palace untuk membobol gawang Liverpool. Dirinya akan bahu-membahu dengan Philippe Mateta dan Eberechi Eze.

Kiper Dean Henderson bakal menjadi andalan membendung serangan Liverpool. Setelah kalah lawan tim Liverpool lainnya, Everton, kini Glasner berharap bia meraih poin meski The Pool jelas lebih kuat ketimbang Everton.

Prakiraan Susunan Pemain

Crystal Palace (3-4-3): Henderson; Lerma, Guehi, Lacroix; Munoz, Wharton, Kamada, Mitchell; Nketiah, Mateta, Eze

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Gravenberch, Mac Allister; Salah, Szoboszlai, Diaz; Jota