Bagikan:

JAKARTA - OpenAI memperkenalkan Canvas, antarmuka baru dalam ChatGPT yang memungkinkan pengguna bekerja pada proyek penulisan dan pengodean dengan lebih efisien, serta memberikan lebih dari sekadar percakapan saja. 

Mulai hari ini, fitur Canvas sudah tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Team di seluruh dunia. Sedangkan pengguna Enterprise dan Edu akan mendapatkan akses pada minggu depan.

“Canvas dibuat dengan GPT-4o dan dapat dipilih secara manual di pemilih model saat dalam versi beta,” tulis perusahaan dalam pengumuman di situs resminya. 

Perusahaan mengatakan bahwa Canvas memberikan antarmuka yang memungkinkan pengguna melakukan penyuntingan dan revisi secara langsung, baik untuk teks maupun kode. 

Di sini, pengguna dapat dengan mudah menyorot bagian yang perlu ditinjau dan meminta ChatGPT memberi umpan balik, mengedit panjang tulisan, atau men-debug kode. Selain itu, pengguna juga dapat mengembalikan versi sebelumnya dari proyek melalui tombol kembali di Canvas. 

Dalam sisi pengodean, Canvas juga menyediakan fitur seperti menambahkan log, memperbaiki bug, dan menerjemahkan kode ke berbagai bahasa pemrograman. 

Model GPT-4o yang digunakan dalam Canvas dirancang untuk memahami kapan membuka kanvas, melakukan pengeditan tertarget, serta memberikan kritik sebaris. 

Model ini juga dilatih untuk beradaptasi sesuai perintah dan terus disempurnakan berdasarkan masukan pengguna, meningkatkan akurasi dan kualitas kerja dengan memanfaatkan teknik pelatihan data sintetis.

"Model tersebut juga memahami konteks yang lebih luas untuk memberikan umpan balik dan saran yang tepat,” pungka perusahaan di balik kesuksesan ChatGPT itu.