Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid menelan kekalahan pertama sejak Januari 2024. Pelatih Carlo Ancelotti mengakui Lille yang mengalahkan Madrid 1-0 di Liga Champions pantas menang.

Kekalahan Madrid dalam duel di Decathlon Arena Stade Pierre-Mauroy, Lille, Kamis, 3 Oktober 2024 dini hari WIB, menjadi kejutan di Liga Champions. Di laga itu, satu-satunya gol Lille dicetak Jonathan David dari titik penalti.

Hasil buruk itu mematahkan rekor tak terkalahkan Madrid di berbagai kompetisi. Ancelotti mengakui tim bermain sangat buruk di laga tersebut.

"Semuanya sangat buruk. Kami sangat buruk dalam penguasaan bola. Meski tim masih bermain kompak di babak pertama, tetapi kami kesulitan untuk menguasai bola. Kami mengalami kesulitan melakukan transisi," ucap Ancelotti.

"Kami sesungguhnya mencoba bermain lebih agresif, tetapi kami sepertinya mengalami kesulitan.Meski demikian kai harus menghadapi keadaan ini dengan kepala dingin. Yang penting kami harus memperbaiki diri," kata dia lagi.

Di laga itu, Ancelotti merombak skuat. Di lini depan, dia menurunkan Endrick sebagai starter bersama Vinicius Junior. Sedangkan Jude Bellingham bermain di belakang mereka. Hanya, permainan mereka tak efektif sehingga Madrid tak mampu mencetak gol. 

"Saya tetap terbuka dan menerima kritikan. Menurut saya kritikan terhadap permainan kami sudah cukup fair dan kami harus menerimanya. Kami memang tidak menunjukkan penampilan terbaik di pertandingan ini," kata Ancelotti.

Tak hanya itu, Ancelotti pun tak segan memuji performa Lille. Diakui dia, tim lawan bermain lebih baik. Mereka pantas memenangkan pertandingan itu.

"Pertandingan seharusnya berjalan imbang dan ketat dan kami punya kesempatan menjelang akhir pertandingan. Tetapi kami memang tak layak menang. Mereka lebih pantas menang," ujarnya.

"Jadi kami belajar dari kekalahan ini. Seperti saat kami mengalami kekalahan terakhir kalinya, kami harus memperbaiki diri," kata eks pelatih AC Milan dan Juventus ini.

Kekalahan dari Lille menjadikan Madrid gagal memperbaiki peringkat di klasemen sementara. Klub La Liga Spanyol ini menduduki posisi 17 dengan memiliki tiga poin. Sedangkan Lille yang juga mengantungi poin tiga berada di peringkat 18.

Usai menghadapi Lille, Kylian Mbappe dkk akan bertemu Villarreal di kompetisi La Liga. Selanjutnya, mereka menghadapi tuan rumah Celta Vigo sebelum menjamu pimpinan klasemen Liga Champions Borussia Dortmund.