Bagikan:

JAKARTA - Manchester City kehilangan gelandang andalan Rodri yang mengalami cedera ligamen di lutut kanan. Sedangkan Newcastle United berharap striker Aleksander Isak bisa tampil di pertandingan Premier League Inggris di Stadion St James' Park, Sabtu, 28 September 2024 malam WIB.

Man City memasuki periode sulit. Tanpa Rodri menjadi ujian berat Man City saat menghadapi Newcastle. 

Pada laga terakhir melawan Arsenal, Man City yang bermain di kandang sendiri nyaris kalah. Beruntung ada John Stones yang menyelamatkan Man City setelah mencetak gol yang menyamakan skor menjadi 2-2 di injury time.

Man City pun tak perlu kehilangan takhta klasemen karena masih bisa mengantungi poin 13. Unggul satu poin dengan Liverpool dan Aston Villa.

Selain nyaris kalah, Man City mengalami kerugian besar karena Rodri mengalami cedera di laga tersebut. Cedera lutut gelandang tim nasional Spanyol ini termasuk parah yang membuat dia harus menepi untuk jangka waktu yang cukup lama.

Repotnya, Man City kerap kehilangan daya saat bermain tanpa Rodri. Dari 21 pertandingan tanpa gelandang andalan itu, mereka tercatat tujuh kali menelan kekalahan. Ini berarti persentase kekalahan yang dialami The Cityzens bisa mencapai 33%.

Ini yang menjadikan Man City harus waspada karena mereka kehilangan Rodri saat melakoni laga krusial melawan Newcastle. Sektor tengah tampaknya menjadi problem bagi manajer Pep Guardiola.

Pasalnya, gelandang Kevin De Bruyne juga belum bisa dimainkan. Sementara bek Nathan Ake masih bergulat dengan cedera hamstring yang dideritanya.

Tanpa duo gelandang, Guardiola bakal mengandalkan Mateo Kovacic dan Ilkay Gundogan. Sedangkan Bernardo Silva yang menempati posisi sebagai gelandang serang akan melapis sektor depan Man City.

Sementara, Newcastle berharap bangkit setelah menelan kekalahan 3-1 dari Fulham di Craven Cottage. Ini menjadi kekalahan pertama Newcastle yang menjadikan mereka tertahan di peringkat enam dengan poin 10.

Laga melawan Man City menjadi momen kebangkitan The Magpies. Bila mampu meraih tiga poin, Newcastle bakal langsung memperbaiki peringkat.

Hanya, manajer Eddie Howe belum pasti apakah bisa menurunkan striker Aleksander Isak yang mengalami cedera jari kaki pekan lalu. Bila sudah pulih Isak akan bermain di depan bersama Anthony Gordon dan Harvey Barnes.

"Alex masih menjalani pemulihan dari cedera jari kaki. Dia masih diragukan dan belum menjalani latihan. Kami segera memutuskan apakah dia bisa tampil," ucap Howe.

Sementara di tengah, ada trio Bruno Guimaraes, Joelinton dan Sandro Tonali yang menjadi kekuatan The Toon Army. Pertarungan di lini tengah akan menentukan di laga tersebut. Di belakang, bek Kieran Trippier bakal memimpin barisan pertahanan tuan rumah.

Prakiraan Susunan Pemain

Newcastle United (4-3-3): Pope; Trippier, Schar, Burn, Kelly; Bruno Guimaraes, Joelinton, Tonali; Barnes, Isak, Gordon

Manchester City (4-3-3): Ederson; Gvardiol, Dias, Stones, Lewis; Kovacic, Bernardo Silva, Gundogan; Doku, Haaland, Savinho