Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini, berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam sesi Practice MotoGP Grand Prix Mandalika 2024.

Pemenang dari Grand Prix Emilia-Romagna pekan lalu itu mendominasi sesi ini dengan waktu lap terbaik satu menit 29,630 detik di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat, 27 September 2024, siang WIB.

Pebalap yang akrab disapa La Bestia tersebut unggul 0,040 detik atas penguasa klasemen sementara pebalap musim 2024, Jorge Martin, yang mengekor di posisi kedua.

Catatan waktu tersebut membuat Bastianini resmi menjadi pemegang rekor lap baru sepanjang masa di Sirkuit Mandalika International.

Ia gemilang menaklukkan lintasan bersuhu panas dan temperatur trek yang tinggi.

Menempati posisi ketiga dalam sesi ini adalah rekan setim Bastianini, yakni Franco Morbidelli. Pebalap yang juga berasal dari Italia itu menyelesaikan sesi dengan selisih waktu 0,079 detik dari kompatriotnya itu.

Pada menit-menit awal, sebenarnya Morbidelli bersama Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) dan Marc Marquez (Gresini Racing) secara bergiliran menduduki posisi pertama.

Akan tetapi, persaingan kemudian berganti ke Bastianini dan Martin pada 15 menit sesi tersisa. Kedua pebalap tersebut bertarung sengit membubuhkan lap time tercepat.

Sementara itu, juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) hampir saja tersingkir ke Q1. Untungnya, pebalap yang akrab disapa Pecco tersebut dapat memperbaiki catatan waktunya jelang akhir sesi dan finis di tempat keempat.

Pecco unggul atas Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) yang berhasil mengunci urutan kelima. Menyusul setelah itu Fabio Quartararo di tempat keenam dan Marc Marquez ketujuh.

Selanjutnya, ada rookie Pedro Acosta di urutan kedelapan, Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) di posisi kesembilan, dan Maverick Vinales melengkapi 10 besar.