Bagikan:

JAKARTA – Marc Marquez berhasil memecahkan rekor lap baru sepanjang masa di Sirkuit Buriram, Thailand, setelah menjadi yang tercepat dalam sesi practice pada Jumat, 25 Oktober 2024, petang WIB.

Pada sesi tersebut, pembalap yang membela Gresini Racing dan yang menjuarai MotoGP enam kali itu finis dengan catatan waktu 1 menit 29,165 detik untuk mengalahkan Jorge Martin.

Jorge Martin dari Prima Pramac Racing yang saat ini memuncaki klasemen sementara pebalap, mengekori kompatriotnya tersebut dengan gap waktu +0,110 detik.

Sementara itu, Enea Bastianini yang membela Ducati Lenovo Team berada pada posisi ketiga. Dia finis depan rekan setim dan juara bertahan Francesco Bagnaia.

Bastianini bangkit dari kecelakaan yang dialaminya untuk mengungguli Bagnaia yang pada musim ini memiliki harapan besar untuk mempertahankan gelarnya.

Saat awal sesi dimulai, Marquez sudah memperlihatkan dominasinya di atas lintasan. Dia bersaing ketat dengan rookie sekaligus rekan senegaranya Pedro Acosta yang memperkuat tim Red Bull GASGAS.

Selain itu, dalam persaingan menjadi yang tercepat Marquez juga mendapat perlawanan sengit dari Brad Binder, Fabio Quartararo, serta Maverick Vinales. Namun, ia sukses mengatasi tekanan itu.

Pada saat sesi tersisa delapan menit, Jorge Martin sempat menyodok ke urutan teratas dengan catatan waktu 1 menit 29,275 detik Namun, catatan waktu Martinator dapat dipatahkan Marquez.

Untuk posisi kelima dari practice ini ditempati oleh Vinales, disusul Franco Morbidelli, dan Acosta yang berhasil tempat ketujuh. Kemudian Alex Marquez memastikan lolos otomatis ke Q2 setelah merebut posisi kedelapan.

Urutan kesembilan menjadi milik Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team), diikuti performa impresif Johann Zarco (Castrol Honda LCR) yang menembus sepuluh besar.

Hasil Practice MotoGP Thailand 2024

  1. MarcMarquez 1 menit 29,165 detik
  2. Jorge Martin +0.110 detik
  3. Enea Bastianini +0.162 detik
  4. Francesco Bagnaia +0.195 detik
  5. Maverick Vinales +0.341 detik
  6. Franco Morbidelli +0.384 detik
  7. Pedro Acosta +0.437 detik
  8. Alex Marquez +0.448 detik
  9. Marco Bezzecchi +0.455 detik
  10. Johann Zarco +0.517 detik