Manchester City Berpeluang Catat Rekor Baru di Piala FA saat Hadapi Newcastle United
Manchester City berpeluang mencetak rekor kemenangan baru. (foto: x @ManCityJP)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City berpeluang mengukir sejarah baru di Piala FA saat mereka menjamu Newcastle United di Etihad Stadium untuk pertandingan perempat final, Sabtu 16 Marat atau Minggu dini hari WIB.

The Citizens, julukan Manchester City, menjadi juara bertahan setelah mengalahkan rival sekota Manchester United 2-1 di final musim lalu. Itu menjadi bagian dari raihan treble winners mereka.

Sejak musim lalu, pasukan Pep Guardiola telah memenangi sembilan pertandingan Piala FA terakhir mereka dengan agregat skor fantastis 31-3. Mereka juga mencetak 12 gol dari tiga pertandingan musim ini, yakni kontra Huddersfield Town, Tottenham Hotspur, dan Luton Town.

Setelah menghajar Huddersfield 5-0 dan menaklukkan Spurs 1-0 di putaran ketiga dan keempat, Man City meraih kemenangan telak 6-2 atas Luton di putaran kelima bulan lalu. Erling Haaland menjadi bintang utama dengan mencetak lima gol.

Newcastle kini menjadi penghalang Man City di perempat final. Ini adalah penampilan ke-30 The Citizens di perempat final Piala FA. Mereka berpeluang menjadi tim kesepuluh yang paling sering tampil di fase ini.

Sebagai juara bertahan, Man City diunggulkan untuk mengalahkan tim asuhan Eddie Howe. Apalagi mereka hanya kalah tiga kali dari 37 pertemuan terakhir kontra The Magpies di semua kompetisi.

Jika Man City menang atas Newcastle, mereka akan menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang mencapai semifinal Piala FA dalam enam musim berturut-turut.

Meski demikian, Guardiola tetap mewaspadai Newcastle. Pasalnya, tim tersebut sudah pernah mengalahkan City 1-0 di Piala Liga Inggris putaran ketiga musim ini. Mereka juga memberikan perlawanan ketat saat kalah 1-0 di Etihad pada Liga Premier.

"Musim ini dan sebelumnya sejak Eddie Howe datang dan orang-orang Arab Saudi mengambil alih, pertandingan melawan mereka selalu ketat. Kami tidak mengharapkan hal yang berbeda," ujar Guardiola pada konferensi pers, Jumat 15 Maret.

"Kami memiliki peluang bagus di kandang sendiri dengan dukungan penuh fans. Kami membutuhkan dukungan suporter seperti saat melawan Manchester United. Saya sudah lama tidak melihat atmosfer seperti itu," tambahnya. "Besok bukan pengecualian. Kami membutuhkan dukungan itu untuk mencapai semifinal di Wembley lagi."

Man City, yang tidak terkalahkan dalam 21 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, dipastikan bermain tanpa playmaker andalan Kevin De Bruyne dan kiper utama Ederson. Keduanya mengalami cedera selangkangan dan otot.

Namun, Guardiola mengonfirmasi bahwa Jack Grealish berpeluang kembali setelah pulih dari cedera selangkangan yang membuatnya absen di tiga pertandingan terakhir City.

Manchester City:

Cedera: Kevin De Bruyne (groin), Ederson (muscle)

Diragukan: Jack Grealish (groin)

Prakiraan Pemain: Ortega; Walker, Dias, Ake, Gvardiol; Rodri, Kovacic; Bobb, Alvarez, Doku; Haaland

Newcastle United:

Cedera: Kieran Trippier (calf), Harvey Barnes (hamstring), Nick Pope (shoulder), Callum Wilson (pectoral), Joelinton (thigh), Sandro Tonali (suspended), Joe White (cup-tied)

Diragukan: Anthony Gordon (knee), Dan Burn (knock)

Prakiraan Pemain: Dubravka; Livramento, Schar, Botman, Burn; Longstaff, Guimaraes, Willock; Murphy, Isak, Almiron