Bagikan:

JAKARTA - Striker Erling Haaland kemungkinan absen saat Manchester City menjamu Brentford di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Etihad, Sabtu, 14 September 2024 malam WIB.

Haaland tengah berduka. Ivar Eggja, sahabat dekat ayahnya, Alf Inge Haaland, meninggal di usia 59. Dirinya pun menyampaikan duka cita lewat akun Instagram.

"Anda seorang legenda, Ivar. Sulit untuk menjelaskan dengan kata-kata betapa berartinya Anda! Sulit dijelaskan dengan kata-kata bahwa kami bakal merindukan Anda!" demikan ungkapan Haaland.

"Terima kasih untuk semuanya, Anda memang orang gila. Kita akan kembali bertemu. Beristirahatlah dengan tenang, Ivar," ucap Haaland lagi.

Eggja tidak hanya sahabat dekat ayahnya tetapi juga mendampingi Haaland dalam perjalanan karier sepak bolanya. Bahkan dia punya pengaruh besar dalam karier Haaland.

Saat Haaland pindah ke Borusia Dortmund, dia menjadi sosok paling sibuk. Eggja pula yang mencari apartemen di tengah kota Dortmund bagi Haaland.

Dia turut hadir saat Haaland pindah dan diperkenalkan di Man City pada 2022. Eggja pula yang mendampingi Haaland dalam anugerah penghargaan Ballon d’Or tahun lalu.

Haaland sesungguhnya masih menjalani latihan terakhir bersama Man City. Namun manajer Pep Guardiola mengizinkan pemainnya meninggalkan klub untuk pulang kampung mengantarkan Eggja ke peristirahatan terakhir.

Tak hanya itu, Haaland diberi kebebasan tak perlu langsung kembali ke klub karena masih dalam suasana duka. Ini berarti Man City bakal tidak diperkuat penyerang berusia 24 ini saat menghadapi tamunya Brentford pada pertandingan pertama setelah jeda internasional.

Bila Haaland absen, Man City sesungguhnya mengalami krisis pemain depan. Pasalnya Oscar Bobb, kolega Haaland di timnas Norwegia, juga belum bisa tampil setelah cedera patah kaki. Sedangkan Julian Alvarez sudah pindah ke Atletico Madrid. 

Namun masih ada Jeremy Doku yang menggantikan Haaland. Selain itu, Guardiola bisa memainkan strategi false 9 dengan menempatkan Kevin De Bruyne atau Bernardo Silva sebagai centre forward.

Di laga tersebut, Man City sesungguhnya juga tidak diperkuat bek Nathan Ake yang mengalami cedera saat memperkuat Belanda di UEFA Nations League.

Sebaliknya Rodri, Phil Foden dan Savinho sudah kembali berlatih. Mereka, semula, diragukan tampil karena masih sakit atau belum sepenuhnya fit. Namun mereka sudah kembali berlatih dan berpeluang tampil menghadapi Brentford.

Meski skuat tak lengkap, Guardiola tetap bisa menurunkan pemain terbaik. Bertindak sebagai tuan rumah, Man City tetap diunggulkan meraih kemenangan keempat sekaligus mencetak poin sempurna.

Man City menunjukkan konsistensi dan kembali menjadi unggulan untuk memenangi trofi Liga Premier untuk kali kelima secara berturut-turut. 

Faktor konsistensi menjadikan peluang The Cityzens meraih tiga poin sangat terbuka. Apalagi, Brentford sudah kehilangan striker andalan Ivan Toney yang memilih bermain di Liga Pro Arab Saudi untuk bergabung dengan Al-Ahli.

Dengan kepergian Toney, maka The Bees akan mengandalkan duet Bryan Mbeumo dan Yoane Wissa di lini depan. Mereka berharap bisa mengejutkan Man City. Hanya duo Brentford ini bakal berhadapan dengan kuartet bek Kyle Walker, Manuel Akanji, Ruben Dias dan Josko Gvardiol.

Jelas bukan perkara gampang bagi mereka. Tim asuhan Thomas Frank pun harus bekerja keras demi mencuri poin di kandang lawan.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Walker, Akanji, Dias, Gvardiol; Kovacic, Bernardo; Savinho, De Bruyne, Foden; Doku

Brentford (3-5-2): Flekken; Collins, Pinnick, Ajer; Roerslev, Damsgaard, Norgaard, Janelt, Lewis-Potter; Mbeumo, Wissa