Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin ke semifinal Korea Open 2024. Tiket ini sekaligus memastikan Indonesia punya satu wakil di final turnamen.

Fikri/Daniel mendapat tiket setelah menang rubber game 22-20, 13-21, dan 21-16 atas unggulan kedua asal China, He Ji Ting/Ren Xiang Yu, di Mokpo Indoor Stadium pada Jumat, 30 Agustus 2024, petang WIB.

Keberhasilan ini membuat Indonesia punya dua wakil di babak semifinal. Satu tiket lain sebelumnya sudah terlebih dahulu diamankan oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Kedua wakil Indonesia yang tersisa ini pun akan berhadapan di babak semifinal yang berlangsung pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Dengan demikian, Indonesia sudah pasti punya satu wakil di final.

Fikri/Daniel dan Leo/Bagas sebelumnya juga sama-sama mencapai babak semifinal pekan lalu di Jepang Open 2024. Sayang, saat itu tidak ada satu pun dari mereka ke final.

Semifinal dalam dua turnamen beruntun merupakan pencapaian luar biasa bagi kedua pasangan itu. Pasalnya, mereka tampil di dua ajang ini dengan komposisi baru.

Dalam formasi sebelumnya, Bagas berpasangan dengan Fikri dan Leo berpartner dengan Daniel. Namun, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kemudian memutuskan untuk membuat penyegaran.

Rombak formasi ini dilakukan dengan harapan prestasi kedua pasangan tersebut bisa meningkat. Sekarang target gelar yang diimpikan pun mendekati kenyataan.

Pada ajang Super 500 BWF ini, Indonesia total punya enam wakil, tetapi empat lainnya telah angkat koper lebih awal awal. Tiga di antaranya pulang di babak pertama dan satu sisanya di babak kedua.

Wakil-wakil yang berhenti di babak pertama adalah Chico Aura Dwi Wardoyo, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widaja. Adapun langkah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhenti di babak kedua.