Bagikan:

JAKARTA - Bayer Leverkusen akan menjamu RB Leipzig pada pekan kedua Bundesliga 2024/2025 di BayArena, Sabtu, 31 Agustus 2024, pukul 23.30 WIB.

Leverkusen yang berjuluk Die Werkself telah menjadi incaran banyak klub. Tim-tim Jerman ingin menghancurkan rekor anak asuh Xabi Alonso.

Sejauh ini, Leverkusen memegang catatan tidak kekalahan di kompetisi dan turnamen domestik sepanjang musim lalu hingga sekarang. Pada musim 2023/2024, rekor itu membawa mereka menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal.

Mereka harap-harap cemas saat Monchengladbach menyamakan kedudukan 2-2 pada pekan pertama Bundesliga 2024/2025. Namun, gol Florian Wirtz pada injury time membuat Leverkusen memastikan memperpanjang catatan gemilang menjadi 35 pertandingan Bundesliga tanpa terkalahkan.

Bila ditambah dengan turnamen domestik, rekor Leverkusn menjadi 43 pertandingan tanpa kalah. Bahkan, anak asuh Xabi Alonso juga mengalahkan VfB Stuttgart di Piala Super Jerman (DFL-Supercup) dan klub divisi keempat, Carl Zeiss Jena, di putaran pembukaan DFB Pokal.

Tak heran, kini sorotan tertuju kepada RB Leipzig yang datang sebagai tamu. Sebagai salah satu kandidat juara Bundesliga musim ini, mereka dibebankan tugas memutus rekor Leverkusen.

Die Roten Bullen jadi pesaing berat pada musim lalu. Meski begitu, usaha maksimal mereka tetap tidak bisa menghentikan Leverkusen dengan kekalahan 2-3 di kandang pada perjumpaan terakhir di liga musim lalu.

Meski begitu, harapan terbuka musim ini untuk menaklukkan Leverkusen. Tim asuhan Marco Rose mengawali musim ini dengan cukup baik dengan mencatat kemenangan atas Essen (4-1) dan Bochum (1-0) di DFB Pokal serta Bundesliga.

Statistik Pertandingan

Wirtz adalah pemain Leverkusen pertama yang mencetak dua gol pada pekan pembukaan sejak Lucio pada 2001/2002. Pemain Die Werkself terakhir yang mencetak lebih dari dua gol setelah pekan kedua adalah Joel Pohjanpalo pada 2016/2017 (empat gol).

Florian Wirtz jelas harus diwaspadai oleh Leipzig. Musim lalu, dia tampil produktif denan 27 gol di semua ajang.

Hal lain yang membuat Leipzig waspada ialah perihal produktivitas Leverkusen dalam seperempat waktu terakhir pertandingan.

Leverkusen telah mencetak 23 gol setelah menit ke-76 di Bundesliga sejak awal musim lalu dan hanya kebobolan empat gol dalam jangka waktu tersebut.

Pasukan Xabi Alonso tentu ingin melanjutkan catatan kemenangan ke-36 saat berjumpa Leipzig. Mereka mau menyamai catatan Hamburg untuk berdiri di posisi kedua dalam daftar kemeangan sepanjang masa yang sedang dipimpin Bayern Munchen dengan 53 kali.

Misi Leipzig menghancurkan rekor Leverkusen tampaknya akan sulit. Mereka boleh mengedepankan rekor tak terkalahkan terbaik kedua di Bundesliga saat ini (12 pertandingan).

Namun, Die Roten Bullen gagal memenangi empat pertandingan Bundesliga terakhir mereka tanpa kapten Willi Orban sebagai starter (seri sekali dan kalah tiga kali) dengan kebobolan 10 gol.

Orban dipastikan absen ketika berjumpa Leverkusen karena mendapat kartu merah pada pekan pertama saat menghadapi VfL Bochum.

Prakiraan Formasi

Leverkusen: Hradecky; Tapsoba, Tah, Hincapie; Frimpong, Xhaka, Garcia, Grimaldo; Hofmann, Wirtz; Boniface

Pelatih: Xabi Alonso

Leipzig: Gulacsi; Henrichs, Klostermann, Castello, Raum; Nusa, Seiwald, Haidara, Xavi; Openda, Sesko

Pelatih: Marco Rose