Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 menelan hasil pahit saat berhadapan dengan Thailand U-20 di pertandingan kedua Seoul Earth pn Us Cup 2024. Sempat menang atas Argentina U-20 di laga perdana, kali ini tim asuhan Indra Sjafri malah takluk 0-2 dari Thailand.

Tampil di Stadion Mokdong, Korea Selatan, pada Jumat, 30 Agustus 2024, siang WIB, Thailand memang menekan sejak menit awal. Lewat umpan-umpan pendek, pergerakan tim lawan cukup menyulitkan Timnas Indonesia U-20.

Timnas Indonesia U-20 langsung kecolongan ketika laga baru berjalan 10 menit. Thailand mencetak angka pembuka bek Garuda Muda, Rahmat Syawal, melakukan kesalahan.

Berniat mengirim umpan ke Dony Tri Pamungkas di dalam kotak penalti sendiri, umpan Rahmat justru berhasil direbut Thanawut Phochai yang kemudian melepas operan ke Caelan Ryan. Ryan lantas bisa mencetak gol dengan mudah.

Timnas Indonesia U-20 berusaha tetap tenang meski tertinggal. Peluang pertama didapat pada menit ke-19 ketika Marselinus Ama Ola mendapat umpan di dalam kotak penalti dari Toni Firmansyah. Namun, tendangannya terlalu lemah dan gagal dikonversi jadi gol.

Setelah 20 menit awal berlalu, hampir tidak ada peluang emas yang tercipta bagi kedua tim. Meski lebih banyak melakukan penguasaan bola, Thailand juga tidak tampak mengancam dan menurunkan tempo hingga turun minum.

Lanjut ke babak kedua, Indra Sjafri melakukan rotasi tim demi tampil lebih kuat. Kali ini sang pelatih menarik Fitrah Maulana Ridwan, Rahmat Syawal, Maouri Ananda, dan Muhammad Ragil untuk digantikan Camara Ousmane, Meshaal Osman, Rifky Tofani, serta Aditya Warman.

Pada menit ke-51 peluang terbuka untuk Timnas Indonesia U-20 lewat situasi bola mati yang dimanfaatkan Iqbal Gwijangge. Namun, sontekan Iqbal masih belum tepat ke gawang lawan.

Ancaman Timnas Indonesia U-20 kembali tercipta pada menit ke-58, tapi masih belum membuahkan hasil. Tendangan Ousmane Camara masih melambung.

Hingga 90 menit berlangsung, skor tak juga berubah. Namun, alih-alih mengejar ketertinggalan, Timnas Indonesia U-20 malah kebobolan lagi pada injury time babak kedua.

Ratthaphum Chotmuangpak menjadi pemain yang membuat Thailand unggul 2-0. Tendangannya sempat dihadang Alfahrezi Buffon, tapi ia lolos dan melewati pemain belakang Indonesia U-20 lain yang berjaga di depan garis gawang.

Gol itu mendapat protes. Namun, wasit bisa menguasai keributan hingga laga selesai tak ada gol lagi. Indonesia U-20 takluk 0-2 dari Thailand.