Bagikan:

JAKARTA - AS Roma akan berusaha untuk mencetak kemenangan pertama mereka di musim Serie A 2024/25 saat menghadapi Empoli di Stadio Olimpico pada  Minggu, 25 Agustus. Setelah hanya bermain imbang tanpa gol melawan Cagliari pekan lalu, pasukan Daniele De Rossi akan mencari cara untuk memecah kebuntuan dan meraih tiga poin di kandang.

Setelah menggantikan Jose Mourinho musim lalu, Daniele De Rossi berhasil melewati masa ujiannya dengan mengesankan, hingga akhirnya diberikan kontrak tiga tahun dan sejumlah rekrutan baru. Meskipun kedatangan Artem Dovbyk, Matias Soule, dan Enzo Le Fee menarik perhatian, mempertahankan Paulo Dybala mungkin menjadi momen terpenting dalam upaya De Rossi membangun kembali tim.

Dybala sempat hampir menerima tawaran menggiurkan dari Arab Saudi, tetapi pada menit-menit terakhir, dia memutuskan untuk tetap bertahan di Roma setidaknya beberapa bulan ke depan. Namun, dalam laga pembuka Serie A melawan Cagliari, Dybala hanya bermain sebagai pengganti, yang akhirnya berakhir dengan hasil imbang tanpa gol di Sardinia.

Roma menunjukkan beberapa tanda positif dari strategi De Rossi dalam pertandingan tersebut, termasuk memimpin dalam statistik turnovers tinggi dan penguasaan bola di sepertiga akhir lapangan. Namun, mereka hanya berhasil memenangkan satu dari delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi. Meskipun begitu, Roma telah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan terakhir mereka melawan Empoli, termasuk kemenangan besar 7-0 di Stadio Olimpico musim lalu.

Bagi Empoli, kekalahan telak tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah mereka di Serie A. Namun, mereka berhasil membalas dengan kemenangan 2-1 di pertandingan terakhir musim 2023-24, yang memastikan mereka lolos dari degradasi.

Setelah mengamankan tempat di Serie A musim ini, pelatih baru Empoli, Roberto D'Aversa, akan berusaha untuk mempertahankan performa tersebut. Empoli memulai musim ini dengan kemenangan 4-1 atas Catanzaro di Coppa Italia, sebelum bermain imbang tanpa gol melawan Monza di pertandingan pembuka Serie A.

Namun, tantangan besar menanti mereka di Roma, di mana mereka belum pernah menang dalam 16 kunjungan terakhirnya, hanya mencatatkan dua hasil imbang dan 14 kekalahan.

Dalam laga ini, Roma dapat menurunkan Paulo Dybala sejak awal setelah pemain asal Argentina itu memutuskan untuk tetap bertahan di klub. Dybala akan bersaing dengan Matias Soule dan Stephan El Shaarawy untuk mendukung Artem Dovbyk di lini depan. Sementara itu, Tommaso Baldanzi, yang bergabung dari Empoli musim lalu, akan menghadapi mantan klubnya dengan harapan mencetak gol pertamanya untuk Roma.

Di kubu Empoli, pelatih Roberto D'Aversa harus kehilangan Tyronne Ebuehi dan Samuele Perisan karena cedera, sementara Alberto Grassi absen karena skorsing. Szymon Zurkowski juga diragukan tampil dan akan menjalani tes kebugaran terakhir. Meskipun begitu, Ola Solbakken, yang baru dipinjam dari Roma, bisa menjadi pilihan untuk memperkuat lini serang bersama Lorenzo Colombo.

Perkiraan Susunan Pemain:

Roma (4-3-3):

Svilar; Celik, Mancini, Ndicka, Angelino; Cristante, Paredes, Pellegrini; Soule, Dovbyk, Dybala

Empoli (3-4-2-1):

Vasquez; Walukiewicz, Ismajli, Viti; Gyasi, Henderson, Haas, Pezzella; Fazzini, Esposito; Colombo