Kisah Mike Tyson yang Hamburkan Rp6,3 Triliun Sebelum Alami Kebangkrutan
Mike Tyson (Instagram @miketyson)

Bagikan:

JAKARTA - Kisah tentang Mike Tyson selalu menarik untuk diikuti. Kehebatannya di atas ring hingga kontroversi yang menjerat kehidupannya selalu menyedot perhatian. Tyson merangkak dari bawah untuk mencapai puncak dunia tinju. Dia pun harus melakukan hal serupa setelah mengalami kebangkrutan pada tahun 2003.

Mantan juara dunia kelas berat Tyson diperkirakan memiliki kekayaan senilai 320 juta poundsterling (Rp6,3 triliun). Namun, dia lantas dililit utang 20 juta poundsterling (Rp399 miliar). 

Di tahun '90-an, Iron Mike adalah salah satu sosok terkenal di dunia yang hidup dalam kemewahan. Bintang kelahiran New York itu menghamburkan uangnya untuk membeli rumah besar, motor mewah, dan bahkan harimau peliharaan. 

The Richest mengklaim, Tyson menghabiskan lebih dari 3,5 juta poundsterling (Rp69,2 miliar) untuk koleksi mobil mewahnya, termasuk Lamborghini LM002 yang langka serta Cadillac Escalade dan Hummer H2.

Bukan hanya mobil, Si Leher Beton juga sering mengadakan pesta mewah. Salah satunya, saat ulang tahunnya yang ke-30 di mana Tyson dilaporkan menghabiskan 320 ribu poundsterling (Rp6,3 miliar).

Tyson juga tak sungkan  menghabiskan 1,75 juta poundsterling (Rp34,6 miliar) untuk membeli bak mandi emas murni untuk mantan istrinya Robin Givens. Lalu, dia juga punya jam tangan merek Piaget seharga 635 ribu poundsterling (Rp12,5 miliar).

Dan, tentu saja, Tyson membutuhkan satu atau tiga rumah untuk menyimpan barang-barangnya. Dia memiliki perkebunan raksasa di Connecticut yang dia beli seharga 2,3 juta poundsterling (Rp45,4 miliar), yang mencakup 24 kamar mandi dan kolam renang.

Tyson juga memiliki sebuah rumah besar di Nevada, seharga 1,9 juta poundsterling (Rp37,5 miliar), dan sebuah tempat mahal lainnya di Los Angeles.

Meskipun bangkrut pada tahun 2003, dalam waktu 18 tahun Tyson berhasil membangun kembali kekayaannya. Iron Mike sekarang diyakini memiliki kekayaan bersih sekitar 2,4 juta poundsterling (Rp47,5 miliar).

Tyson memiliki peternakan gulma yang disebut Tyson Ranch, tempat ia menanam dan menjual merek ganja sendiri serta produk kesehatan berbasis ganja. Menurut Cheat Sheet, Tyson Ranch menjual gulma senilai lebih dari 360.000 poundsterling (Rp7,1 miliar) per bulan.

Dia juga meraup 7,5 juta poundsterling (Rp149 miliar) dari comeback tinju sensasionalnya melawan Roy Jones Jr pada November lalu. Dalam pertarungan eksibisi tersebut, Tyson dan Roy Jones bermain imbang.