Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melakoni Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai September 2024.

Skuad Garuda tergabung di Grup C melawan Arab Saudi, Australia, Jepang, China, dan Bahrain.

Salah satu penggawa Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, menyadari betul lawan-lawan timnya jauh lebih kuat dibanding putaran sebelumnya.

Apalagi, sejumlah tim kuat Asia sebelumnya sudah pernah dihadapi, seperti Jepang, Arab Saudi, dan Australia. Namun, pemain 22 tahun itu menegaskan dirinya tak gentar.

"Ini adalah grup yang penuh dengan banyak kualitas, tapi saya pikir kami juga punya banyak kualitas. Kami tidak boleh takut dengan tim-tim ini karena, ya, ini adalah sepak bola, segalanya bisa terjadi."

"Kami hanya perlu menganalisis dengan baik bagaimana cara mereka bermain dan di mana peluang kami berada. Lalu, kami harus bisa memanfaatkan kelemahan mereka dan menunjukkan kualitas kami," ujar Nathan di laman FIFA.

Nathan lebih lanjut sangat antusias menyambut laga-laga tersebut. Dia mengungkapkan bahwa para pemain Timnas Indonesia mesti mempersiapkan diri dengan baik di klub masing-masing sebelum bergabung pemusatan latihan.

"Kami sangat antusias dengan apa yang akan kami hadapi. Saya pikir kami harus mempersiapkan diri saat pramusim di klub demi mendapatkan diri dalam kondisi terbaik untuk menghadapi pertandingan-pertandingan yang akan datang serta menjadi bugar untuk tampil sebaik mungkin," kata pemain Swansea City tersebut.

Timnas Indonesia berpeluang bermain pada Piala Dunia 2026. Dua tim teratas masing-masing grup di Kualifikasi Piala Dunia 2026 langsung lolos ke putaran final.

Nathan menatap peluang itu dengan penuh keyakinan. Dia tak ingin inferior meski Skuad Garuda tak diunggulkan.

Pemain yang bisa bermain di bek kiri dan gelandang itu termotivasi mengukir sejarah untuk Tim Merah-Putih.

"Saya kira bagi setiap pemain, jika saya berbicara mewakili semua pemain di tim kami, itu (lolos ke Piala Dunia 2026) adalah impian."

"Ketika Anda masih muda dan masih kecil, Anda selalu bermimpi bermain di panggung besar. Jika Anda mampu mencoba untuk mendapatkan kesempatan tahapan atau akhir turnamen (kualifikasi) maka Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk mencapai tujuan itu," tutur pemain kelahiran Belanda itu.

Kuota 48 tim di Piala Dunia 2026 membuka peluang Timnas Indonesia untuk tampil di sana. Zona Asia punya delapan slot untuk lolos langsung dan satu tempat diperebutkan melalui playoff inter-confederation.

Nathan menilai format baru itu membuat motivasinya berlipat untuk tampil habis-habisan agar bisa memanfaatkan kans di depan mata dengan baik.

"Dengan format baru ini, tentunya ada lebih banyak peluang bagi wakil Asia untuk lolos ke Piala Dunia."

"Menurut saya, ya, ini sangat bagus untuk Piala Dunia. Sekarang Anda bisa melihat lebih banyak negara lain yang mungkin biasanya sulit untuk lolos."

"Namun, sekarang ada peluang lebih besar. Jadi menurut saya ini bagus," tuturnya.

Pada tahun ini, Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni enam laga Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September hingga November.

Tiga partai di antaranya dimainkan di kandang, yaitu ketika menjamu Australia, Jepang, dan Arab Saudi.