Bagikan:

JAKARTA - Jepang harus bekerja dan butuh gol di menit terakhir untuk menaklukkan Israel 1-0 di pertandingan Grup D Olimpiade 2024 di Stadion Stade de la Beaujoire - Louis Fonteneau, Nantes, Rabu 31 Juli 2024 dini hari WIB. Jepang tampil sebagai juara grup setelah memastikan lolos ke perempat final.

Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia yang berhasil melaju ke babak knockout Olimpiade Paris 2024. Pada duel terakhir penyisihan grup, Jepang mengatasi perlawanan Israel.

Jepang pun mencetak rekor mengesankan. Tim asuhan Go Oiwa ini selalu meraih kemenangan dan tak pernah kebobolan. Mereka juga sudah lebih dulu memastikan lolos ke perempat final setelah meraih dua kemenangan pertama.  

Mereka mengakhiri babak penyisihan dengan meraih poin sembilan sehingga tampil sebagai juara grup. Hanya saja, Jepang sudah harus bertemu lawan tangguh Spanyol di perempat final.

Langkah Jepang diikuti Paraguay yang mengalahkan Mali 1-0. Kemenangan itu menjadikan Paraguay mengantungi poin enam dan menutup babak penyisihan dengan poin enam.

Sementara, Israel tersingkir karena hanya mendapatkan satu poin. Mereka juga kalah selisih gol dengan Mali sehingga menduduki dasar klasemen Grup D. 

Dalam duel melawan Israel, Jepang harus bekerja keras sebelum meraih kemenangan. Bahkan kiper Leobrian Kokubo harus bekerja keras menghadapi serangan lawan.

Dirinya tercatat menggagalkan dua peluang Israel melalui Liel Abada dan Oscar Gloukh. Namun selanjutnya, Israel tak lagi mengancam gawang Jepang. Serangan mereka tak berarti apa-apa di barisan pertahanan Samurai Blue.

Hanya saja, Jepang juga mengalami kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Israel. Mereka baru bisa membobol gawang lawan saat laga memasuki injury time.

Gol Jepang di menit terakhir dihasilkan pemain pengganti Mao Hosaya. Berawal dari upaya Kein Sato yang kemudian mengirim bola kepada Hosaya.

Pemain depan klub Belgia Sint-Truiden ini pun tampak tenang saat melepaskan tendangan ke gawang. Skor 1-0 untuk Jepang dan bertahan sampai peluit akhir pertandingan dibunyikan.