Bagikan:

JAKARTA - Jepang lolos ke perempat final cabang sepak bola di Olimpiade 2024 setelah secara dramatis mengalahkan Mali 1-0 dalam duel di Grup D di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Perancis, Minggu, 28 Juli 2024 dini hari WIB.

Jepang menjadi tim kedua setelah Spanyol yang lolos ke perempat final. Kepastian Jepang meraih tiket ke delapan besar setelah mereka meraih kemenangan kedua di penyisihan grup.

Pada laga pertama, Samurai Blue menghajar Paraguay 5-0. Selanjutnya, Jepang menaklukkan Mali yang menjadikan mereka mengantungi enam poin.

Jepang pun mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan poin enam. Disusul Paraguay yang mengalahkan Israel 4-2 sehingga mendapatkan poin tiga.

Tim asuhan Go Oiwa menjadi tim pertama di grup tersebut yang lolos ke perempat final. Sedangkan Paraguay masih bersaing dengan Mali dan Israel untuk memperebutkn satu tiket lagi mendampingi Jepang.

Dalam pertandingan melawan Mali, Jepang yang tidak memanfaatkan penggunaan tiga pemain senior atau berusia di atas U-23 di Olimpiade, harus bekerja keras.

Berbeda saat menghadapi Paraguay, mereka tak kesulitan membobol gawang lawan. Apalag, Paraguay bermain dengan 10 orang sejak menit 25 setelah gelandang Wilder Viera mendapat kartu merah.

Di laga kali ini, Jepang mengalami kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Mali. Mereka gagal mencetak gol di sepanjang babak pertama.

Jeang akhirnya memecah kebuntuan setelah gelandang Rihito Yamamoto mencetak gol di menit 82. Gol berawal dari tendangan Kein Sato yang menerima umpan silang Mao Hosoya yang berhasil digagalkan kiper Lassine Diarra.

Hanya bola rebound itu kemudian disambar Yamamoto. Kali ini, Diarra gagal menghentikan bola dari pemain klub Begia Sint-Truiden ini. Jepang diperkuat tiga pemain dari klub tersebut, termasuk kiper Leobrian Kokubo.

Mali sesungguhnya berpeluang menyamakan skor setelah mendapat hadiah penalti di injury time atau tepatnya menit 96.

Hanya striker Cheickna Doumbia gagal menuntaskan eksekusi tersebut. Pasalnya sepakan dia melebar ke sisi kanan gawang Kokubo.

Skor tetap 1-0 untuk Jepang. Mereka pun lolos ke perempat final dan menjadi tim paling produktif karena sudah mengemas enam gol tanpa pernah kebobolan.