Bagikan:

TANGERANG - Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan ditutup esok hari, tapi gelaran ini justru makin ramai pengunjung yang ingin melihat kendaraan terbaru untuk kebutuhan sehari-hari.

Meskipun industri otomotif nasional dihiasi banyaknya pilihan kendaraan SUV, mobil berwujud sedan masih diminati banyak konsumen tanah air. 

Salah satu yang naik daun adalah sedan dalam versi hybrid. Nah, apa saja mobil sedan hybrid yang menarik perhatian selama sisa waktu pameran ini? Berikut daftarnya berdasarkan pemantauan VOI, Sabtu, 27 Juli:

Lexus ES 300h Ultra Luxury

9

Lexus dikenal masih mempertahankan citranya sebagai brand premium dan ini dibuktikan dengan kehadiran ES 300h di GIIAS 2024. Meskipun telah diperkenalkan di Indonesia pada 2021 lalu, model ini mampu menarik perhatian booth Lexus di ICE BSD, Tangerang.

Pabrikan dari Jepang ini mengutamakan sisi kemewahan dengan memberikan penyegaran pada bagian headlamp dan grillnya.

Sedan ini mengusung pelek 18 inci yang memiliki kemampuan mengurangi getaran dari permukaan jalanan dan menggunakan ducktail spoiler yang menambah performa aerodinamik.

Selain itu, pabrikan berlogo ‘L’ ini mengutamakan sisi kenyamanan kabin dengan layar sentuh 12,3 inci yang intuitif, sistem audio 17-speaker Mark Levinson, serta krey kaca samping dan belakang.

Berbicara performa, ES 300h dibekali dengan mesin 2,5 liter 4-silinder segaris dengan sistem Lexus Hybrid Drive 4th Generation yang terkenal irit BBM, sehingga menghasilkan tenaga 215 dk digabungkan dengan transmisi E-CVT.

Mobil ini hadir melengkapi jajaran model premium di Indonesia dengan banderol harga Rp1,3 miliar On The Road DKI Jakarta.

Honda Accord RS e:HEV

5

Honda Prospect Motor (HPM) telah meluncurkan generasi terbaru dari Accord pada akhir tahun 2023 lalu. Namun, mobil ini masih mendapat perhatian dari konsumen Indonesia berkat pembaruan yang dimilikinya.

Tidak hanya perubahan pada sisi eksterior maupun interior, model generasi kesebelas ini juga dibekali dengan sistem hybrid yang diusung oleh Honda, yakni e:HEV dalam bersaing di pasar sedan premium di tanah air.

Accord terbaru memiliki tampilan depan yang menawan dengan grill besar dengan penyematan lampu LED berbentuk sipit, sama seperti All New CR-V.

Bagian belakang ditampilkan lebih lega dengan ruang bagasi yang panjang. Pencahayaan dibuat lebih menyatu sehingga meninggalkan kesan premium yang menarik perhatian. Mengusung kelas RS yang merupakan yang tertinggi, Accord terbaru ini dibekali dengan penampilan yang elegan dan sporty dari pelek 18 inci alloy.

Bagian dalamnya dihiasi oleh berbagai perlengkapan seperti layar sentuh infotainmen berukuran 12,3 inci yang memiliki integrasi "Google Built-In" dengan cluster instrumen digital berukuran 10,2 inci dan Head-Up Display berukuran 11,5 inci.

Selain itu, pengguna dapat dimanjakan dengan power panoramic sunroof, i-Dual Zone Auto AC, ambient light, serta 12-speaker premium Bose.

Berbicara bagian dapur pacu, Accord tersebut ditenagai oleh mesin 2,0 liter 4-silinder yang bekerja sama dengan sistem hybrid e:HEV, sehingga menghasilkan tenaga hingga 207 ps dan torsi 335 Nm.

Honda Accord RS e:HEV dibanderol dengan harga senilai Rp959,9 juta On The Road DKI Jakarta.

BMW 520i M Sport

BMW memperluas kendaraan elektrifikasi di tanah air dengan menghadirkan 520i M Sport usung sistem mild-hybrid sekaligus perbanyak varian Seri-5 dalam ajang GIIAS 2024.

Berbeda dari varian lainnya, BMW 520i M Sport memang memiliki tampilan lebih sporty dengan sejumlah paket seperti M Sport Package, M Rear Spoiler, pelek M Aerodynamic 19-inci 936 M Bicolour Black Grey, pengereman M Sport berwarna Dark Blue Metallic, dan grill ginjal ‘Iconic Glow’.

Secara performa, sedan terbaru ini dibekali dengan mesin 4-silinder digabungkan TwinPower Turbo dan mild-hybrid, sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimal 190 dk dan torsi 310 Nm.

Model berwujud sedan premium ini ditawarkan dengan harga mulai Rp1,2 miliar Off The Road DKI Jakarta dan merupakan salah satu mobil BMW yang dirakit secara lokal (CKD).

Mercedes-Benz E-Class

7

Inchcape Indomobil Distribution Indonesia resmi membawa generasi terbaru E-Class dengan membawa unsur kemewahan berbeda. Tidak hanya baru, mobil ini juga merupakan salah satu model yang mengusung sistem mild-hybrid 48V Mercedes-Benz di Indonesia.

Diluncurkan di GIIAS 2024, pabrikan dari Jerman ini membawa dua varian yakni E 200 Exclusive Line dan E 300 AMG Line. Keduanya hadir dengan beberapa keunggulan dan tampilan kemewahan tersendiri.

Soal performa, Exclusive Line dibekali dengan mesin 4-silinder segaris 2,0 liter digabungkan dengan mild-hybrid sehingga mampu memompa tenaga hingga 204 dk.

Sementara itu, varian AMG Line juga memiliki mesin yang sama namun dengan tenaga lebih besar hingga 258 dk. Keduanya memiliki sistem pergantian gigi 9G-Tronic Automatic.

Distributor Mercedes-Benz Indonesia membanderol kedua model ini senilai Rp1,3 miliar hingga Rp1,5 miliar Off The Road DKI Jakarta.