Soal Mobil Hybrid di Indonesia, Daihatsu: Belum, Kami Fokus ke First Car Buyer
Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid. (Dok. Daihatsu Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Tren pergeseran industri otomotif ke elektrifikasi tumbuh amat pesat termasuk di pasar Indonesia. Sebelum menuju EV sepenuhnya, pabrikan ada yang menghadirkan produk hybrid yakni gabungan tenaga bensin dengan listrik.

Pabrikan dari Jepang seperti Toyota, Honda, Suzuki, dan Lexus merupakan beberapa pelaku otomotif yang menyediakan kendaraan hybrid untuk pasar tanah air. Namun Daihatsu belum mencicipi pasar ini.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu menempati posisi ke-2 sebagai perusahaan dengan penjualan terbanyak pada tahun 2023 dengan wholesales mencapai 188.000 unit dan retail sebanyak 194.108 unit. Namun, tak satupun produknya berpenggerak hybrid.

Marketing & Corporate Planning and Communications Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih berfokus pada pembeli mobil pertama dengan menyediakan kendaraan dengan harga lebih terjangkau.

“Target pasar yang Daihatsu incar ialah first car buyer baik ritel maupun komersial dan saat ini kami memilih fokus ke situ,” ujar Agung saat wawancara dengan media di Menteng, Kamis, 14 Maret.

Ia menambahkan, meskipun insentif untuk mobil hybrid kemungkinan akan diterapkan, pihaknya perlu berhati-hati dalam menghadirkan kendaraan hybrid karena pelangganlah yang menentukan pasar, bukan pabrikan.

“Kami perlu lihat dulu soal ketentuan insentif hybrid ya berpengaruhnya seberapa besar karena perusahaan harus lihat kesiapan para pelanggan,” tegas Agung.

Pada tahun 2022 lalu, Daihatsu sempat memajang Rocky e-Smart Hybrid dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

SUV berdimensi kecil ini mengusung mesin berkapasitas 1.198 cc 3-silinder menghasilkan tenaga 82 dk dan torsi 105 Nm. Ini digabungkan dengan motor listrik bertenaga 106 dk dan torsi 170 Nm yang berperan menggerakkan roda mobil tersebut.

Selain memiliki berpenggerak listrik, yang membedakannya dengan Rocky bermesin konvensional ialah logo pabrikan di bagian tengah grill depan serta dihadirkannya lencana ‘e-Smart Hybrid’ pada bagian belakangnya.