Kalahkan Porto Lewat Adu Penalti, Arsenal ke Perempat Final Liga Champions
Kiper David Raya membawa Arsenal lolos ke perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Porto. (X/@ChampionLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal memastikan lolos ke perempat final Liga Champions setelah menang adu penalti 4-2 (1-0) atas FC Porto di laga kedua babak 16 besar di Stadion Emirates, London, Rabu, 13 Maret 2024 dini hari WIB. Kiper David Raya menjadi penentu kemenangan Arsenal.

Arsenal tim Premier League Inggris berikutnya setelah Manchester City yang memastikan langkah ke babak delapan besar. Hanya Arsenal harus menyelesaikan pertandingan melalui adu penalti setelah menang 1-0 dalam waktu normal.

Pertandingan pun dilanjutkan extra time dan kemudian adu penalti karena agregat kedua tim sama kuat 1-1. Pasalnya pada laga pertama di kandang Porto, The Gunners kalah 1-0.

Dalam adu penalti, kiper David Raya menjadi bintang kemenangan Arsenal. Kiper pinjaman dari Brentford ini menggagalkan eksekusi penalti Galeno.

Raya pun membawa Arsenal lolos ke perempat final untuk kali pertama sejak 14 tahun lampau. Mereka terakhir kali mencapai delapan besar pada 2010. 

"Saya seharusnya melakukan penyelamatan tiga kali," kata Raya usai pertandingan.

"Saya seharusnya menyelamatkan satu tendangan yang lain. Tetapi melakukan dua penyelamatan penalti di Liga Champions dan lolos ke perempat final memang seperti terbang ke bulan," ucapnya.

Arsenal memang harus bekerja keras menghadapi Porto. Dalam duel itu, Pepe dkk lebih banyak bertahan untuk mengamankan keunggulan satu gol.

Pertahanan kokoh klub Portugal ini berjalan efektif sepanjang babak pertama. Namun kesabaran pemain Arsenal membongkar pertahanan mereka akhirnya membuahkan hasil.

Gol Arsenal dihasilkan striker Leandro Trossard yang menjadi pilihan pertama menggantikan Gabriel Martinelli yang absen karena mengalami cedera. Trossard menyelesaikan umpan matang dari kapten Martin Odegaard di menit 41.

Skor 1-0 untuk Arsenal bertahan sampai turun minum. Pasalnya tidak ada lagi gol yang tercipta.

Di babak kedua, Arsenal sesungguhnya tak menurunkan tempo permainan. Dengan keunggulan satu gol. klub London Utara ini memang belum bisa memastikan lolos.

Hanya saja serangan mereka selalu gagal. Begitu pula pasukan Sergio Conceicao jarang mengancam pertahanan Arsenal sehingga pertandingan dilanjutkan extra time setelah skor akhir tetap satu gol.

Lagi-lagi tidak ada gol tercipta di babak kedua. Pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti. Pemain Arsenal menuntaskan empat eksekus penalti.

Sedangkan dua penendang Porto Wendell dan Wenderson Galeno gagal. Kiper David Raya menggagalkan dua eksekusi itu. Sepakan Wendell bisa ditepis Raya yang menjadikan bola membentur tiang gawang dan tak masuk.

Selanjutnya, Raya kembali menggagalkan tendangan Galeno. Kegagalan pemain asal Brasil ini menjadikan eksekutor kelima Arsenal tak perlu menjalankan tugas. Ini karena Arsenal sudah menang 4-2 dan memastikan lolos ke perempat final.